Duta Vaksin Lamsel Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Candipuro

Lampung Selatan, Kotanpelita.com

Keseriusan Duta Vaksin Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto untuk menyukseskan target percepatan vaksinasi Covid-19 untuk menciptakan herd immunity bagi masyarakat di Lampung Selatan gencar dilakukan.

Sebagai upaya tersebut, Duta Vaksin Bunda Winarni meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi pelajar dan masyarakat yang digelar di MTs Miftahul Ulum Beringin Kencana dan di GSG Desa Titiwangi, Kecamatan Candipuro, Rabu (13/10/2021).

Program vaksinasi Covid-19 yang difasilitasi Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Lampung Selatan dan Polres Lampung Selatan itu menyediakan vaksin sebanyak 2.000 dosis.

Ketua IDI Lampung Selatan, dr. Wahyu Wibisana berharap dengan vaksinasi akan terbentuk herd immunity (kekebalan kelompok) masyarakat dari penularan Covid-19.

“Tapi tetap menjalankan protokol kesehatan. Mari bersama-sama bersinergi dalam mengatasi penyebaran Covid-19 dan untuk mengejar herd immunity pertama di Lampung Selatan,” kata dr. Wahyu.

Sementara, Duta Vaksin Lampung Selatan, Hj. Winarni menyampaikan, capaian vaksinasi dosis 1 di Kabupaten Lampung Selatan harus mencapai 50 persen dari target selama 2 minggu sejak diperpanjangnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Hal itu kata Winarni, sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 48 Tahun 2021 tentang pemberlakuan PPKM level 4, 3, 2, dan level 1 di wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua, yang berlaku sejak 5 Oktober 2021 sampai dengan 18 Oktober 2021.

Diaman dalam instruksi itu, Mendagri Tito Karnavian meminta capaian vaksinasi dosis 1 di Kabupaten Lampung Selatan harus mencapai minimal 50% dari sasaran dan vaksinasi dosis 1 untuk kategori lanjut usia atau diatas usia 60 tahun minimal 40% dari sasasran.

“Saat ini Lampung Selatan berada di zona oranye dan PPKM Level 2. Jika dalam batas tanggal (18 Oktober) yang sudah ditentukan, targetnya belum tercapai maka, maka Mendagri akan menaikkan status Lampung Selatan menjadi PPKM Level 3,” kata Winarni.

Untuk itu, Winarni mengimbau kepada masyarakat tidak menolak vasksin jika sudah mendapat kesempatan. Winarni berharap vaksinasi di Kabupaten Lampung Selatan bisa mencapai 50 persen sehingga bisa tetap berstatus PPKM level 2 bahkan level 1.

“Mari semua pihak bergerilya membantu memberikan vaksin. Agar Lampung Selatan bisa bebas dari penyebaran Covid-19. Vaksin ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan demi Lampung Selatan menuju zona hijau,” tandasnya. (Kmf/ali)

About koran pelita

Check Also

HERU : KARAKTER PEMUDA TETAP DIBUTUHKAN KAPAN PUN

Palangka Raya, Koranpelita.com Selasa, (26/10) Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR) dan Serikat Media Siber Indonesia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *