Dalam Rangka HUT Ke-76 TNI dan Ke-71 Pomdam Kodam IV/Diponegoro Gelar Pekan Disiplin

Semarang,koranpelita.com

Pomdam IV/Diponegoro menggelar penegakan ketertiban (Gaktib) yang dilakukan anggota Polisi Militer (PM) berupa pemeriksaan kelengkapan dokumen kendaraan Prajurit dan PNS TNI AD, baik kendaraan pribadi maupun mobil Dinas di gerbang pintu masuk kompleks Makodam IV/Diponegoro, Jl. Perintis Kemerdekaan, Watugong, Selasa (28/9/2021).

Gaktib dalam rangka Pekan disiplin menyambut HUT ke-76 TNI dan HUT ke-71 Kodam IV/Diponegoro ini, bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan kedisiplinan anggota Kodam IV/Diponegoro melalui pendekatan persuasif edukatif dalam berlalu lintas di jalan. Disamping itu juga untuk menumbuhkan kesadaraan diri agar selalu berkendara sesuai dengan aturan yang berlaku.

Adapun sasaran operasi Gaktib kali ini, meliputi pemeriksaan kelengkapan surat-surat Kendaraan seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Surat Ijin Mengemudi (SIM) serta kelengkapan identitas pribadi dan kelengkapan kendaraan itu sendiri meliputi kaca spion, lampu-lampu kendaraan serta memastikan kendaraan bermotor dalam kondisi layak jalan.

Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Inf Enjang. S.I.P., mengungkapkan, bahwa Gaktib dalam rangka memperingati HUT ke-76 TNI dan HUT ke-71 Kodam IV/Diponegoro Tahun 2021 ini adalah bagian dari tindakan preventif agar tidak ada lagi pelanggaran ataupun kekurangan kelayakan kendaraan yang dipergunakan di dalam berlalu lintas.

“Gaktib ini esensinya adalah untuk memperkuat upaya pencegahan serta pelaksanaan pengamanan dan penertiban internal Satuan Kodam IV/Diponegoro sehingga mampu mencegah dan meminimalisir terjadinya pelanggaran serta kecelakaan berlalu lintas yang berdampak pada kerugian materiil dan personel,” ungkapnya.

Menurutnya, upaya pemeliharaan dan penegakan hukum, disiplin serta tata tertib harus diwujudkan untuk meningkatkan kedisiplinan serta kepatuhan hukum para prajurit Kodam IV/Diponegoro, baik perorangan maupun kesatuan. Tugas ini tentunya harus dilaksanakan secara terus-menerus baik di dalam dan di luar lingkungan Kodam.

“Prajurit TNI harus bisa menjadi contoh baik dan teladan bagi masyarakat di lingkungan sekitarnya,” pungkas Kapendam.(sup)

About koran pelita

Check Also

Dankodiklatal Hadiri Wisuda Prajurit Teknokrat Lulusan STTAL Tahun 2024

Surabaya, koranpelita.com Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah didampingi Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.

Eksplorasi konten lain dari www.koranpelita.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca