Kapolres Metro Jakarta Barat Berikan Bantuan Sosial Kepada Puluhan Warga Disabilitas Terpapar Covid-19 di Yayasan Tri Asih

Jakarta, Koranpelita.com

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo, SIK, msi bersama  Wakapolres AKBP Dr Bismo Teguh Prakoso, SH, SIK, MSi memberikan bantuan kepada penghuni panti Yayasan Tri Asih yang saat ini terpapar Covid-19 dan tengah melaksanakan isolasi mandiri di gedung Yayasan Tri Asih.

Bantuan sosial Polres Metro Jakarta Barat tersebut secara simbolis diserahkan langsung kepada Ketua Dewan Pengurus Yayasan Tri Asih Widi Garsanto,  di Komplek Panti Yayasan Tri Asih, di Jl Karmel Raya Nomor 2, Kelurahan Kebon Jeruk, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu (16/1). Hadir Kabag Ops Polres Metro Jakbar AKBP M.Kunto Wibisono, SH, SIK, MSi,  Kasat Binmas Kompol Ali Zusron, SH, MH,  Wakapolsek Kebon Jeruk AKP H.Risris Priyatna, SH, MH. Danramil 05/Kebon Jeruk Kapten Inf Sudarsono,  Lurah Kebon Jeruk Darwa, SKM,  Kapolsubsektor, dan Bhabinkamtibmas.

“Bantuan sosial yang kami berikan berupa sembako,  vitamin,  masker, petugas untuk melaksanakan penyemprotan disinfektan.  Ini tentunya bagian dari operasi kemanusiaan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19,” kata Kapolres.

Selain memberikan bantuan,  Kapolres juga mengungkapkan kehadiran TNI-Polri dan Tiga Pilar di Yayasan Tri Asih juga dalam rangka memastikan penerapan protokol kesehatan di tempat tersebut.

Selain itu,  Kapolres beserta jajarannya dan Tiga Pilar juga berkesempatan memberikan dukungan moral kepada warga Panti Yayasan yang melaksanakan isolasi mandiri agar mereka tetap semangat. Kebanyakan warga panti tersebut merupakan penyandang disabilitas.

“Mudah-mudahan kondisi mereka semakin membaik karena memang dari 79 orang yang terpapar Covid-19, mereka mayoritas adalah OTG (Orang Tanpa Gejala), ” kata Kapolres.

Sementara itu,  Ketua Dewan Pengurus Yayasan Tri Asih Widi Garsanto menyatakan bantuan sosial dari Polres Metro Jakarta Barat tersebut sangat berarti bagi warga Panti dalam mendukung  upaya isolasi mandiri.

Seperti diketahui, Yayasan Tri Asih merupakan panti rawat, pendidikan, dan pelatihan bagi penyandang disabilitas. Kasus Covid-19 di Yayasan Tri Asih bermula ketika pada 5 Januari 2021, satu orang di-swab test RT-PCR di RS Royal Taruma. Hasil swab pasien tersebut dinyatakan positif Covid-19.

Kemudian pada 6 Januari 2021, Yayasan Tri Asih kembali melakukan pemeriksaan swab test RT-PCR kepada 22 orang warga panti ke RS Pelni. Selanjutnya, pada 8 Januari 2021, Yayasan Tri Asih melaporkan kasus warga Yayasan yang terkonfirmasi positif Covid-19 ke RT setempat dan Puskesmas Kelurahan Kebon Jeruk.

Pada 9 Januari 2021, dari hasil tracing, 8 orang karyawan panti yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dilakukan swab test di Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk. Hasilnya, 2 dari 8 orang tersebut dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Pada 11 Januari 2021, kembali dilakukan pemeriksaan swab test RT-PCR dari hasil tracing konfirmasi positif yang keluar pada 10 Januari 2021 sebanyak 9 orang dengan hasil sebanyak 6 orang terkonfirmasi positif. Kemudian, pada 12 Januari 2021, Puskesmas Kebon Jeruk melakukan swab test RT-PCR kepada 20 orang yang kontak erat. Hasilnya, 18 orang dinyatakan positif.

Hingga saat ini jumlah warga Yayasan Triasih yang terkonfirmasi positif sebanyak 79 orang. Saat ini puluhan pasien tersebut menjalani isolasi mandiri di aula Yayasan Tri Asih.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Operasi Aman Nusa II Kawal Pendistribusiannya 4.870 Vial Vaksin Covid-19

Palangka Raya, Koranpelita.com. Operasi Aman Nusa II melakukan pengawalan dan pengamanan atas kedatangan 4.870 vial …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *