Setelah Rondo, Giliran Satgas Puter Berhala Dapat Bantuan Taruna AAL Satlat KJK 2020

Pulau Berhala, Koranpelita.com

Setelah pekan lalu Satgas Pulau Tetluar (Puter) Pulau Rondo, kini giliran Satgas Puter Pulau Berhala disambangi dan mendapat bantuan sembako dari Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Satuan Latihan Kartika Jala Krida (Satlat KJK) dan Satgas KRI Bima Suci 2020 pada Kamis (29/10).

Menurut Palaklat KJK 2020, Letkol Laut (P) Aris Dianto, M.Han. mengatakan, Lattek KJK Taruna AAL TK III Angkatan Ke-67 pada rute Belawan-Tanjung Uban ini, sengaja menyinggah pulau terluar Indonesia yang dilewati.

Hal ini sebagai pembelajaran dan pengetahuan bagi Taruna, dimana batas wilayah NKRI, sekaligus memberikan bantuan Alat Kesehatan dan Sembako kepada Satgas Puter yang berdinas menjaga wilayah terdepan NKRl ini.

Pulau BerhaIa lanjut Aris, merupakan salah satu pulau terluar dari 12 pulau yang perlu mendapat penanganan khusus karena letaknya sangat berdekatan dengan negara tetangga Malaysia. Pulau Ini terletak di selat Malaka tepatnya di kecamatan Tanjung Baringin kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara.

Pulau Berhala secara geografi berada pada posisi 03°46’10, – LU 99°29′ 40″BT. Pulau ini merupakan lokasi titik dasar atau base point (TD) dan titik referensi (TR) No 184 terdapat sarana bantu navigasi berupa mercu suar.

Menurutnya, selain keindahan pantai, Pulau ini memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi karena didalamnya terdapat dua tipe hutan yang berbeda, yaitu hutan tropis basah dan hutan Iahan kering, kekayaan hayati ini juga sangat potensial untuk dikembangkan sebagai kawasan wisata alam hutan tropis.

Dengan keanekaragaman hayati berbagai jenis flora dan fauna menambah panorama alam yang akan mampu mengundang wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk berkunjung ke pulau ini.

Guna mencegah terjadinya klaim oleh negara lain tambahnya, karena posisi pulau terluar dan strategis serta tidak berpenduduk maka TNI menempatkan 1 SST Satgas Puter Pulau Berhala di bawah Pimpinan Komandan Peleton Lettu Marinir Chalvin Sahusilawane yang memimpin 1 SST 24 personel Marinir dan 10 personel TNI AD.

Pada kesempatan tersebut, Dansatgas BSC Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr. Hanla., Palaklat KJK Letkol Laut (P) Aris Dianto, M.Han. dan perwakilan Taruna Taruni menyerahkan bantuan berupa Alat Kesehatan dan bahan pokok yang diserahkan secara simbolis kepada Danton Satgas Puter Pulau Berhala.

Palaklat KJK 2020 berharap, semoga bantuan yang diberikan oleh Satgas dan Satal KJK 2020 ini bisa bermanfaat bagi Satgas Puter Pulau Berhala dalam melaksanakan tugas di perbatasan terluar NKRl.

Selain itu lanjutnya, perlu adanya upaya menjalin sinergitas dan kekompakan dengan prajurit di satuan yang berada di daerah, seperti yang telah ditekankan dalam Program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. tentang pembangunan sistem pembinaan kekuatan dan kesiapan operasi yang bersinergi dan mempunyai interoperabilitas tinggi.(ay)

About ahmad yani

Check Also

TNI AL BERHASIL GAGALKAN PENYELUNDUPAN NARKOTIKA JENIS GANJA DAN BBM DARI JAYAPURA MENUJU PAPUA NUGINI

Papua,  koranpelita.com TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Tim X Quick Response (XQR) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.