Menuju Usianya ke -80 Bank OCBC NISP Menjadi 10 Bank Terbesar di Indonesia dari Segi Aset

Jakarta,koranpelita.com

Menuju delapan dekade, Bank OCBC NISP telah  bertransformasi menjadi 10 bank terbesar di Indonesia dari segi aset. hal ini menujukan dedikasinya menuju delapan dekade atau menuju usianya ke -80 tahun, bahkan telah menjadi bagian dari konglomerasi keuangan terbesar kedua di Asia Tenggara.

Menuju usia delapan dekade tersebut, Bank OCBC NISP meluncurkan gerakan #MelajuJauh dengan meraih visi menjadi mitra terpercaya untuk meningkatkan kualitas hidup.

Dengan demikian, Bank OCBC NISP mengajak masyarakat terus bergerak maju, mengubah tantangan menjadi peluang dan terus bertransformasi. “Melalui gerakan ini, Bank OCBC NISP mengajak masyarakat mengambil peran lebih besar dengan bersama-sama menjadi agen perubahan demi kemajuan bangsa Indonesia,” kata Presiden Direktur Bank OCBC NISP, Parwati Surjaudaja, ujarnya di Jakarta Selasa (27/10/2020).

Parwati mengatakan, berawal dari bank lokal di Bandung 79 tahun yang lalu, Bank OCBC NISP bersama dengan masyarakat Indonesia terus bertransformasi menjadi 10 bank terbesar di Indonesia dari segi aset bahkan menjadi bagian dari konglomerasi keuangan terbesar kedua di Asia Tenggara. “Kami ingin membangun optimisme di tengah pandemi dan mengajak masyarakat #MelajuJauh memberikan dampak positif bagi keberlanjutan ekonomi, sosial dan lingkungan Bangsa Indonesia,” katanya

Untuk dapat mengajak masyarakat #MelajuJauh, Bank OCBC NISP mengambil peran lebih dengan menghadirkan solusi keuangan yang inovatif & berkelanjutan dengan didukung pemanfaatan teknologi digital. Hal ini secara nyata diwujudkan antara lain sebagai berikut:

Pertama, komitmen terhadap Kegiatan Perbankan yang Bertanggung jawab (Responsible Banking) Bank OCBC NISP berkomitmen untuk menghadirkan solusi keuangan berkelanjutan untuk nasabah retail dan korporasi sehingga mampu #MelajuJauh memberikan dampak positif bagi lingkungan dan sosial (sustainable financing).

Salah satu wujudnya adalah kepercayaan dari International Finance Corporation (IFC) kepada Bank OCBC NISP untuk menyalurkan Green Financing sejak tahun 2018 sebesar Rp 2 Triliun guna mendukung projek-projek yang berwawasan lingkungan.

“Komitmen ini diperkuat dengan penyaluran tahap kedua sebesar Rp 2,75 Triliun untuk program Green & Gender Financing,” jelas Parwati.

Untuk program Gender Financing lanjutnya, Bank OCBC NISP telah mempersiapkan program khusus untuk memberikan dukungan kepada sektor usaha kecil dan menengah yang dimiliki oleh pengusaha perempuan yang akan segera diluncurkan pada kuartal ke-empat 2020.

Selain itu untuk mendukung peningkatan literasi dan inklusi keuangan, Bank OCBC NISP juga menginspirasi dan memberdayakan masyarakat sehingga mampu #MelajuJauh meraih aspirasi keuangan mereka.

Salah satu wujudnya adalah dengan memperkuat program edukasi Financial EducatiON dan ONpreneurship secara online, menghadirkan TAYTB Show dengan konsep pendekatan lifestyle, serta gerakan #SAVE20 by Nyala yang mengajak anak muda untuk #MelajuJauh berinvestasi mulai dari Rp 20.000

Kedua, kemampuan Menjaga Kinerja Positif untuk Memberikan Rasa Aman kepada Nasabah (Sustainable Business Operation) Kemampuan Bank OCBC NISP untuk dapat terus tumbuh secara berkelanjutan, didukung dengan penerapan prinsip kehati-hatian dalam setiap produk dan layanan yang dihadirkan.

Termasuk pada prinsip yang dijalankan Bank selama masa pandemi COVID-19 untuk mengutamakan kesehatan dan keselamatan, layanan perbankan tetap prima, sehingga mampu #MelajuJauh memberikan rasa aman dan nyaman kepada nasabah.Upaya ini membawa Bank OCBC NISP tetap dapat menjaga kinerja positif sepanjang semester satu 2020.

Tidak hanya itu, Bank OCBC NISP juga merupakan salah satu bank dengan peringkat kredit tertinggi di Indonesia yakni peringkat idAAA (stabil) dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) dan AAA(idn)/stabil dari PT Fitch Ratings Indonesia.

Ketiga, komitmen untuk Memberikan Dampak Positif bagi Kehidupan Sosial dan Lingkungan (Creating Social & Environment Positive Impact) Bank OCBC NISP berpartisipasi aktif dalam meningkatkan kemampuan masyarakat melalui edukasi dengan tidak hanya bertujuan ‘melek finansial’ namun juga memiliki kemampuan pendukung lainnya (soft skill) sehingga dapat #MelajuJauh menjadi manusia Indonesia yang siap menghadapi tantangan kedepan.

Salah satu wujudnya adalah program IdeatiON yang telah diselenggarakan sejak 2018 sebagai ajang inovasi skala nasional bagi para mahasiswa mengembangkan ide terkait perbankan dan non-perbankan. (Vin)

About ervin nur astuti

Check Also

UC Browser Lokalisasikan UC Harbolnas 12.12  Dengan Segudang Hadiah di Akhir Tahun

Jakarta,Koranpelita.com Dalam menyambut perayaan aktivitas belanja online nasional terbesar sepanjang tahun, UC Browser kembali menghadirkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *