Pengamanan Demo Tolak Omnibus Law, Kepolisian di Kalsel Patut Diacungi Jempol

 

Kapolda Kalsel – Irjen Pol Nico Afinta

Banjarmasin, Koranpelita.com

Penanganan keamanan aksi unjukrasa penolakan UU Omnibus Law yang diterapkan jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Selatan (Kalsel) nampaknya patut diapresiasi dan diacungi jempol.

Pasaĺnya, sejak beberapa kali aksi unjukrasa dalam dua pekan tadi, dapat berjalan lancar aman dan tertib.

Padahal aksi demonstrasi yang terjadi pada Kamis 8 Agustus dan 15 Agustus 2020 kemarin jumlah massa tergolong besar dan beratmosfir cukup panas. Namun, tak ada insiden atau kerusuhan yang terjadi.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta, disela aksi unjukrasa lanjutan di depan kantor DPRD Kalsel di Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin, Selasa (20/10/2020) siang, menyatakan komitmennya, selain tetap akan menggunakan cara persuasif menangani massa, diapun menjamin takakan dan tak boleh ada anak buahnya yang menyakiti massa pengunjukrasa.

” Saya tetap komitmen untuk menjaga massa aksi agar aman dan tak boleh ada petugas yang menyakiti,” tegas Kapolda.

Menurut dia, kepolisian sejatinya tetap mendukung gerakan demokrasi oleh mahasiswa asal dengan cara aman dan kondusif. Sebab lanjut
Jenderal bintang dua yang berwajah kebapaan ini, penyampaian aspirasi, pendapat, kritik, maupun saran, sangat dibolehkan. Namun harus diiringan dengan aturan dan koridor hukum yang berlaku.

Termasuk berunjurasa dengan mematuhi dan tak melanggar kepentingan umum, agar tidak menghambat kepentingan orang lain, dalam memanfaatkan fasilitas umum lainnya.

“Dengan begitu polisi siap menjaga keamanan massa pendemo demi kelancaran tujuan penyampaian aspirasi yang diinginkan”, kata kapolda

Berdasarkan pantauan, aksi unjukrasa aliansi BEM dan mahasiswa Kalsel yang dikomandani Ahdiat Zairulah, pada hari ini tidak berlangsung lama.

Begitu pula, mimbar bebas yang mereka gelar sejak Pukul 11.20 Wita dengan massa hanya sekitar 200 orang, dengan orasi berisikan ” Raport Merah’ buat satu tahun kepemimpinan Presiden Jokowi-Makruf Amin.

Sedang aparat kepolisian dengan armada dan perangkat lengkap, tetap berjaga namun terlihat santai.
Akhirnya

pada Pukul 14.30 Wita, massa membubarkan diri dengan tertib.(Ipik)

About kalselsatu

Check Also

Wartawan Senior Perkuat KBB Kalteng

Palangka Raya, Koranpelita.com. Kepengurusan Kerukunan Bubuhan Banjar Kalteng (KBB) Periode 2020-2025 yabg diketuaii KH CHairudin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *