Hidupkan Kembali Budaya Leluhur, Kasau Luncurkan Filateli

Jakarta,  Koranpelita.com

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P. meluncurkan filateli berupa Sampul Peringatan (SP) Hari Bakti TNI AU, _Souvenir Sheet_ (SS), dan Prangko Alutsista TNI AU di lapangan apel Mabesau, Cilangkap, Jakarta Timur, baru-baru ini. 

Di tengah kemajuan teknologi yang serba digital dan berkembangnya dunia maya, TNI AU mencoba untuk menghidupkan kembali budaya leluhur berkarakter, seperti budaya menulis melalui filateli, sehingga dapat menghargai kembali material/fisik dan sejarah dibaliknya.

Menyambut Hari Bakti ke-73, TNI AU bekerja sama dengan Kemenkominfo dan PT. Pos Indonesia meluncurkan SP Hari Bakti dan SS berprangko khusus Alutsista TNI AU.

SP Hari Bakti yang diluncurkan sejumlah 4 jenis dengan 4 pesawat yang berbeda, yaitu Sukhoi SU-30 MK, C-130 Hercules, F-16 Fighting Falcon dan NAS-332 Super Puma. Menariknya, apabila SP digabungkan, akan membentuk logo TNI AU Swa Bhuwana Paksa.

Sedangkan untuk SS menampilkan pesawat Boeing 737-5U3 yang terbang di atas pantai Pelabuhan Ratu.

Berbeda dengan SP dan SS pada umumnya yang selalu menuliskan makna dari gambar tersebut di balik amplop, SP dan SS TNI AU menyisipkan QR Code. Apabila di scan akan langsung terhubung dengan Wikipedia yang menjelaskan secara detail spesifikasi masing-masing pesawat.

Kegiatan peluncuran ini dilakukan setelah upacara peringatan Hari Bakti ke-73 TNI AU di lapangan apel Mabesau. Ditandai dengan penandatanganan SP Hari Bakti dan SS berprangko Alutsista oleh Kasau dan Direktur Pos Ditjen PPI Kemenkominfo, yang dampingi Wakasau, Kadispenau dan Direktur SDM PT. Pos Indonesia.(dispenau)

About ahmad yani

Check Also

Laksda TNI (Purn) Soleman Ponto : Situasi di Papua Saat Ini Bukan Konflik Bersenjata

Jakarta,  Koranpelita.com Pusat Studi Kemanusiaan dan Pembangunan (PSKP) menggelar Diskusi Webinar Series ke-19 di Jakarta, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *