Kepolisian Apresiasi Upaya Pengurus RT 10 dan RT 12 Wilayah RW 10 Kelurahan Kebon Jeruk Jaga Kamtibmas Melalui Siskamling

Jakarta,  Koranpelita.com

Aparat Kepolisian, dalam hal ini Polsek Kebon Jeruk,  Polres Jakarta Barat mengapresiasi upaya Pengurus RT 10/10 Kelurahan Kebon Jeruk kembali menggalakkan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) dalam rangka menjaga Kamtibmas dari tindak kriminal. 

Hal tersebut disampaikan langsung Kapolsek Kebon Jeruk Kompol R Sigit yang didampingi Kanit Binmas Polsek Kebon Jeruk AKP Suparman, dan Kanit Binpolmas Polres Jakarta Barat Ipda IGK Putra saat melakukan peninjauan Pos Kamling di wilayah RT 10 dan RT 12  RW 10, Kelurahan Kebon Jeruk, Kecamatan Kebon Jeruk,  Jakarta Barat, Jumat (24/7) malam.

Selain melaksanakan peninjauan Pos Kamling, Kapolsek Kebon Jeruk Kompol R Sigit juga melaksanakan tatap muka dan penyuluhan kepada Pengurus RT 10 dan RT 12, para tokoh masyarakat dan pemuda tentang pentingnya Siskamling dalam menciptakan kondusifitas wilayah dari tindak kriminal ataupun konflik sosial di masyarakat.

Dalam kegiatan yang turut dihadiri Babinkamtibmas jajaran Polsek Kebon Jeruk,  Ketua LMK RW 10, Pokdar Citra Bhayangkara tersebut mengangkat tema “Community Policing: Meningkatkan Peranan Masyarakat  Dalam Menjaga Kamtibmas Yang Kondusif.

Kanit Binpolmas Polres Jakarta Barat Ipda IGK Putra menyampaikan pentingnya Community Polising  atau perpolisian masyarakat dalam menekan tindak kriminal yang terjadi di wilayah.
Dengan kata lain,  lanjut Ipda Ketut,  komunitas masyarakat mampu menjalankan peran kepolisian di lingkungan. Terutama terkait dengan konflik yang terjadi di wilayah yang menimbulkan gangguan Kamtibmas.
“Jadi Community Polising ini sangat besar manfaatnya untuk mendeteksi dini gangguan Kamtibmas dan mencari win-win solution atau jalan keluar dari setiap masalah yang ada sebelum ditangani pihak kepolisian, ” ujarnya.
Berkaitan hal tersebut,  Ipda Ketut,  mengapresiasi langkah Ketua RT 10/10 beserta pengurus dalam membentuk Tim 10 serta RT 12 dalam rangka menjaga Kamtibmas agar tetap kondusif.
“Saya salut dan bangga. Kalau semua RT dan RW mampu berbuat seperti beliau, permasalahan wilayah akan selesai,” katanya.
Sementara itu, usai acara tatap muka dan sekaligus diskusi Kamtibmas,  juga dilaksanakan penyerahan alat pendukung Siskamling yang secara simbolis diserahkan oleh Babinkamtibmas Polsek Kebon Jeruk Aiptu Yayan Mulyana kepada Ketua RT 10/10 Muhammad Sanusi.
Aiptu Yayan Mulyana berharap kekompakan warga dalam melaksanakan Siskamling dapat terus dijaga dalam menjaga Kamtibmas.
“Semoga ini menjadi contoh bagi wilayah RT lainnya di wilayah RW 10. Dalam menjaga Kamtibmas bukan hanya tugas polisi maupun Hansip,  tetapi semua warga. Untuk itu bagi warga yang belum tergerak melaksanakan Siskamling mudah-mudahan akan sadar dan terpanggil.  Karena banyak manfaat dari Siskamling. Selain menjaga Kamtibmas kondusif, Siskamling juga dapat meningkatkan silaturahmi dan warga saling mengenal,” jelasnya.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Komandan Lantamal V Tatap Muka Dengan Prajurit Lanal Banyuwangi

Jakarta,  Koranpelita.com Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V Laksamana Pertama (Laksma) TNI Mohamad …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *