Siloam Semanggi Miliki Fasilitas Perawatan Kanker Komprehensif

Jakarta,Koranpelita.com

Masa pandemi saat ini, membuat masyarakat kerap berpikir ulang untuk melakukan pengobatan maupun sekedar kontrol kesehatan ke rumah sakit. Terlebih bagi pasien kanker yang kerap menjalani pengobatan ke luar negeri yang terkendala aturan pembatasan maupun larangan kunjungan oleh negara setempat.

“Bagi pasien kanker yang biasa melakukan pengobatannya di luar negeri, dengan adanya aturan lock down dari negera-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura tentu mengakibatkan pengobatan pasien kanker menjadi tertunda, untungnya saat ini penanganan penyakit kanker di Indonesia sudah setara dengan negara lain,” ungkap Direktur MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, dr. Adityawati Ganggaiswari, M. Biomed, Sabtu (11/7/2020).

Hal itu disampaikannya dalam Webiner bertajuk “Kelanjutan Perawatan Kanker di Indonesia” yang diselenggarakan oleh MRCCC Siloam Hospitals Semanggi bekerjasama dengan tim Paliatif MRCCC Siloam Hospitals Semanggi dan AstraZaneca.

Dieta, begitu dr. Adityawati kerap disapa, mengatakan, bahwa biaya perawatan pasien kanker khususnya kanker paru sangat bervariasi tergantung jenis terapi yang dijalankan. Namun jika membandingkan biaya pengobatan kanker di luar negeri, maka akan jauh lebih hemat di Indonesia. Misalnya pengobatan kemoterapi yang harus dilakukan secara terus menerus.

Saat ini MRCCC Siloam Hospitals Semanggi memiliki fasilitas perawatan kanker secara komprehensif. Terdapat pemeriksaan Imunohistokimia (IHK) yang spesifik untuk jenis kanker tertentu (Non Small Cell Lung Carcinoma (NSCLC) yaitu TTF-1, Napsin-A, P63). Terapi target juga dapat dilakukan untuk menyasar sel kanker secara spesifik melalui pemeriksaan IHK (ALK PD-L1) dan pemeriksaan molekular (EGFR).

Selain itu, MRCCC Siloam Hospitals Semanggi juga memiliki fasilitas Radiotheraphy, PET CT, Cryotheraphy, dan Bronchoscopy. Sedangkan untuk pengembangan kedepannya akan ada pemeriksaan IHK : ROS1 dan MET, sebagai kelanjutan jika terjadi resistensi.

“Bagi para pasien kanker yang ingin melanjutkan pengobatan kankernya di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, tidak perlu ragu karena MRCCC menjalankan protocol skrining yang ketat baik untuk pasien yang akan menjalani tindakan atau operasi, maupun yang akan rawat inap, dan skrining untuk penunggu pasien juga pengunjung RS,” ucapnya.

Berlokasi strategis di pusat kota Jakarta, MRCCC Siloam Hospitals Semanggi merupakan rumah sakit swasta pertama di Indonesia yang menyediakan pelayanan untuk menangani berbagai macam penyakit kanker mulai dari deteksi dini, bedah dan terapi, hingga perawatan paliatif. (Vin)

About ervin nur astuti

Check Also

Bali Siap Jadi Tuan Rumah Global Tourism Forum 2021

Bali, Koranpelita.com Industri Pariwisata berkembang sangat cepat di dunia. Sebagai platform internasional, Global Tourism Forum …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *