Dankodiklatal Pimpin Penutupan Pendidikan Siswa Diktukpa TNI AL XLIX

Surabaya,  Koranpelita.com

Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Nurhidayat secara resmi menutup program Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI AL Angkatan ke-49 TA 2019.

Penutupan pendidikan yang diikuti 323 siswa tersebut dilaksanakan di Gedung Moeljadi dan Martadinata Kesatrian Bumimoro, Kodiklatal Surabaya, Jumat (10/7).

Dari 323 orang perwira yang dilantik, 306 orang diantaranya adalah siswa pria dan 17 orang sisanya adalah wanita (Kowal), dari jumlah tersebut 54 orang merupakan Korps Pelaut, 46 orang Korps Teknik, 33 orang Korps Elektro, 50 orang Korps Suplai, 86 orang Korps Marinir, 18 orang Korps Kesehatan, 20 orang Korps Khusus, dan 16 orang Korps Polisi Militer.

Prosesi Tupdik diawali dengan pernyataan resmi Penutupan Pendidikan (Tupdik) oleh Dankodiklatal Laksda TNI Nurhidayat dilanjutkan dengan penyerahan Ijazah kepada wisudawan.

Dankodiklatal Laksda TNI Nurhidayat dalam sambutanya menyampaikan selaku Komandan Kodiklatal, dirinya mengucapkan selamat atas keberhasilan para mantan siswa dalam menyelesaikan pendidikan ini dengan baik, aman dan lancar yang Insya Allah, pada hari Kamis, tanggal 16 juli 2020, akan dilantik menjadi perwira pertama TNI AL sekaligus diambil sumpah perwira dalam upacara Prasetya Perwira.

Menurutnya perubahan status menjadi seorang perwira diharapkan mampu mengubah pola pikir, pola sikap dan pola tindak sebagai seorang perwira TNI AL yang senantiasa memahami besarnya tugas dan tanggung jawab terhadap anak buah dan keluarga, perwira muda harus berani mengambil inisiatif, mengajukan saran dan tampil dalam hal positif, sehingga selalu berusaha mengembangkan ilmu dan keterampilannya guna mendukung pelak-sanaan tugas.

“Performance seorang perwira merupakan contoh dan teladan bagi anak buah dan keluarga harus bisa mencerminkan figur perwira TNI AL yang bermoral, profesional dan berani sebagai upaya meningkatkan kualitas dan kinerja kader pemimpin TNI AL masa depan yang andal dalam mewujudkan organisasi tni al yang profesional, modern dan tangguh, “ jelas Dankodiklatal.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Penembak Mobil Alphard Milik Pengusaha Di Solo Ditangkap

.Surakarta,Koranpelita.com Polresta Surakarta gelar perkara atas kasus penembakan mobil Alphard milik seorang pengusaha tekstil di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *