Komandan Bersama Prajurit Lanal Tegal Rawat Sumur Trinilan Yang Bermuatkan Sejarah Islam

Tegal,  Koranpelita.com

Komandan Pangkalan TNI AL tegal Letkol Mar Ridwan Azis, M.Tr. Hanla., CHRMP. bersama dengan Prajurit Lanal Tegal serta dibantu masyarakat Dukuh Pelabuhan Desa Ketanggan Kecamatan Gruingsing Kabupaten Batang melaksanakan kerja bakti di lokasi Sumur Air Tawar Trinilan Kabupaten Batang.

Sumur Air tawar Trinilan ini terletak di Dukuh Pelabuhan Ketanggan Kabupaten Batang, walaupun posisi letaknya di pinggir pantai akan tetapi air sumur ini rasanya Tawar. Banyak warga yang heran dan kagum dengan keberadaan sumur Trinilan ini.

Ternyata menurut cerita turun temurun bahwa sumur trinilan ini merupakan peninggalan pada saat penyiaran Agama Islam di wilayah pantura pesisir pantai yang pada saat masa Sunan Sembilan. Sangatlahlah langka keberadaan sumur seperti ini, walaupun tidak terlalu dalam sumur ini tawar dan tidak pernah kering. Kamis ( 9/7).

Keberadaan Sumur Trinilan ini sangat berguna untuk masyarakat sekitarnya dan menjadi perhatian masyarakat terhadap sumur Trinilan ini. Komandan Lanal Tegal memerintahkan prajuritnya untuk melaksanakan kerja bhakti dengan pembersihan, perbaikan dan pengecatan bangunan Sumur Trinilan. Kegiatan ini juga di bantu oleh warga sekitar dan turut hadir juga Danposal Sigandu Pelda mar Sutrisno, kepala Dukuh Pelabuhan Bapak Ruswandi, kepala Desa Ketanggan Bapak Saepkhudin, S.H.

Komandan menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah semata mata kita turut prihatin dengan kondisi bangunan bilik Sumur Trinilan ini yang dahulunya bermanfaat dalam proses perjalanan penyebaran Agama Islam saat itu dan sampai saat inipun masih dapat kita rasakan manfaatnya. Selain sebagai tempat yang bersejarah sumur ini unik dan menjadi sorotan masyarakat luar tak terkecuali menteri perhubungan dan menteri PUPR yang belum lama ini berkunjung” Ujar Danlanal Tegal.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Laksda TNI (Purn) Soleman Ponto : Situasi di Papua Saat Ini Bukan Konflik Bersenjata

Jakarta,  Koranpelita.com Pusat Studi Kemanusiaan dan Pembangunan (PSKP) menggelar Diskusi Webinar Series ke-19 di Jakarta, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *