Puskesmas Kalideres Gelar Swab Test Massal di Semanan

Jakarta,koranpelita.com

Puskesmas Kecamatan Kalideres menggelar swab test massal di Pasar Hipli, Kelurahan Semanan, Jakarta Barat, Rabu (8/7/2020).

Swab test massal gratis ini digelar dengan cara jemput bola, di mana petugas mendatangi satu per satu pedagang yang berjualan di pasar tersebut.

Pantauan dilokasi sebanyak 10 tenaga kesehatan berada di posko pemeriksaan. Posko ini berada disebelah masjid Al-Amin pintu masuk Pasar Hipli Jalan Semanan Raya.

Masyarakat yang diperiksa terdiri dari pedagang pasar, warga Semanan dan petugas sekitar. Mereka tampak duduk dan menunggu antrean dengan tertib.

Tenaga kesehatan (nakes) tampak menggunakan atribut Alat Pelindung Diri (APD) lengkap. Sebelum diperiksa, masyarakat akan ditanya terlebih dahulu seputar riwayat perjalanan.

Lurah Semanan Bayu Fadayen Gantha mengatakan, kegiatan swab test massal ini digelar untuk mengetahui secara dini sekaligus mencegah penyebaran Covid-19.

“Kegiatan swab test Covid-19 ini bekerja sama puskesmas Kecamatan Kalideres merupakan yang pertama kali diselenggarakan diwilayahnya. Sasaran peserta tes kali ini diutamakan adalah pedagang pasar hipli dan warga Semanan,” ujar Bayu.

Selain itu menurutnya, pihaknya juga melakukan jemput bola. Jadi warga yang belum ikut tes swab akan diajak untuk diperiksa.

“Untuk hasil tes swab baru bisa diketahui satu minggu ke depan. Untuk jumlahnya ada sekitar 60 warga yang dilakukan swab test massal,” ujar Bayu.

Sementara itu staf pasar hipli Muhidin menuturkan, sangat berterima kasih dan mengapresiasi kebijakan pihak Puskesmas Kecamatan Kalideres untuk melakukan rapid swab. Langkah ini dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pedagang, maupun pihak lain yang memiliki aktivitas di pasar.

“Kami sangat berterima kasih dengan kegiatan seperti ini. Karena dapat mendukung langkah pencegahan penyebaran Covid-19. Harapan kami negatif semua,” ucap Muhidin.(iv)

About dwidjo -

Check Also

Kasus Covid Naik, Pemkab Bekasi Minta Warga Patuhi Prokes

Bekasi, koranpelita.com – Kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Bekasi kembali naik menembus angka 314 kasus, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *