Jelang Praspa, Siswa Diktukpa XLIX Korps Teknik dapatkan Pembekalan Kadismatal

Surabaya,  Koranpelita.com

Jelang pelaksanaan Prasetya Perwira (Praspa) Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI AL Angkatan ke-49 TA 2019, sebanyak 46 orang Siswa Diktukpa Korps Teknik dapat pembekalan dari Corps Chief Kepala Dinas Material Angkatan Laut (Kadismatal) Laksma TNI Budi Sulistyo, CHRMP secara Vidio Conference (Vicon) yang dilaksanakan di Gedung R. Sudomo Pusat Latihan Operasi Laut (Pusatopsla) Kesatrian Bumimoro Kodiklatal Surabaya, Selasa, (30/6).

Kegiatan pembekalan diawali dengan pembukaan, sambutan dari Dirdiklat Kodiklatal Laksamana Pertama TNI Judijanto, M.Si., MA, pembacaan riwayat kedinasan Kadismatal, pembekalan Kadismatal dan diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Mengawali pembekalanya, Kadismatal menyampaikan ucapan selamat menempuh pendidikan sekaligus ucapan selamat mengikuti prosesi Praspa yang akan dilaksanakan pada pertengahan bulan Juli yang akan datang, semoga mulai hari ini hingga pelaksanaan Praspa dapat berjalan lancar dan aman hingga para siswa dapat menyandang pangkat Letnan Dua.

Lebih lanjut Kadismatal menyampaikan bahwa komposisi perwira Korps Teknik saat ini 14,06 persen dari jumlah perwira seluruh TNI AL. Dari 14,06 persen tersebut terdiri 3 orang Pati Bintang dua, 24 Pati Bintang satu sedangkan selebihnya adalah perwira berpangkat Kolonel hingga Letnan Dua. Adapun para perwira Korps teknik ini menempati jabatan di beberapa institusi antara lain TNI AL, Mabes TNI, Kemhan, Lemhanas, Bakamla, Wantanas, BIN dan BNPT.

Menurutnya SDM kualitas perwira ditentukan oleh etika dan moral, kepemimpinan dan profesional dari prajurit itu sendiri, sedangkan hekekat perwira korps teknik adalah prajurit pejuang sapta marga yang berarti mempunyai dedikasi dan loyalitas pada negara untuk mewujudkan yang terbaik,resposnsif berarti peka terhadap kemajuan ilpengtek dan perkembangan lingkungan strategi serta profesional yang berarti ahli dan terampil di bidangnya antara lain pemeliharaan, perbekalan, fasilitas pangkalan, kelaikan dan profesi lainya.

Diakhir pembekalanya Kadismatal menekankan bahwa dalam kedinasan nantinya para perwira akan mempunyai anak buah, oleh sebab itu pimpinlah anak buah dengan baik serta memberi suri tauladan yang baik pula. Sedangkan strata kepangkatan akan mengalami peningkatan dari Bintara ke perwira, berikalah doktrin yang baik kepada istri karena istri juga mempunyai tanggung jawab anak buah.

Selain itu jadilah perwira yang dewasa, baik diawasi maupun tidak bekerjalah secara profesional. Dalam kedinasan banyak godaan salah satunya Narkoba, Untuk menjauhi narkoba banyaklah berdoa dan selalu mendekatkan diri kepada Tuhan yang Maha Esa.

Hadir dalam pembekalan secara Vicon tersebut Direktur Pendidikan dan Latihan (Dirdiklat) Kodiklatal, Laksma TNI Judijanto, M.Si., MA, Komandan Kodikdukum Kolonel Laut (E) Gunawan Tri Atmojo, S.T., M.A.P dan para Komandan Pusdik dijajaran Kodikdukum Kodiklatal.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Kapolsek Kebon Jeruk Pimpin Pam Debat Paslon Walikota Cilegon Di Metro TV

Jakarta,  Koranpelita.com Kapolsek Kebon Jeruk Kompol R Manurung,  SH didampingi Wakapolsek Kebon Jeruk AKP Risris …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *