Tiga Mahasiswa Kimia UPR  Borong Prestasi Nasional di Tengah Pandemi

Palangka Raya, Koranpelita.com

Tim mahasiswa yang mewakili Universitas Palangka Raya berhasil mencetak prestasi tingkat nasional dalam tiga kategori sekaligus, di ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Pekan Riset Ilmiah Mahasiswa Nasional (PRISMA) 2020.

Ketiga mahasiswa tersebut terdiri atas Elda Alyatikah, Siswo dan Riaa Safitri yang merupakan mahasiswa jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Universitas Palangka Raya.

Tim yang berhasil mengharumkan nama Universitas Palangka Raya di kancah nasional ini dibimbing langsung oleh dosen jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Palangka Raya, yaitu Rendy Muhamad Iqbal S.Si, M.Si.

Kompetisi yang diikuti oleh ketiganya adalah Lomba Karya Tulis Ilmiah PRISMA 2020 yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Penalaran dan Riset Mahasiswa (PRIMA) Universitas Mataram pada 26-28 Juni 2020. Kompetisi tingkat nasional ini memiliki jumlah total pendaftar sebanyak 300 tim dari 75 perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia. Universitas Palangka Raya berhasil lolos kebabak final yang terdiri atas 15 tim terpilih dan merupakan satu-satunya finalis yang berasal dari perguruan tinggi di luar pulau Jawa, selain Universitas Mataram itu sendiri. Hal ini menunjukkan bahwa Universitas Palangka Raya sangat layak bersaing dengan perguruan tinggi besar di luar sana.

Kegiatan ini pada awalnya akan diselenggarakan pada 2-5 April 2020 di kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Akan tetapi, adanya pandemi Covid-19 mengakibatkan kegiatan ini harus diundur hingga akhir Juni dan dilaksanakan secara daring melalui Google Meet. Presentasi finalis pun dilakukan secara online melalui video presentasi berdurasi 7 menit yang akan dinilai langsung oleh juri LKTI PRISMA 2020. Pada tanggal 27 Juni, seluruh finalis mengikuti kegiatan tanya jawab oleh juri yang menjadi tombak utama dalam penilaian akhir. Kemudian diikuti oleh kegiatan Seminar Nasional PRISMA 2020 sekaligus pengumuman pemenang LKTI PRISMA 2020 pada tanggal 28 Juni.

Tim dari Universitas Palangka Raya berhasil meraih 3 penghargaan sekaligus yakni Juara 3, Best Presentation dan Best Poster. Adapun topik karya tulis yang membawa tim Universitas Palangka Raya mencetak 3 prestasi tersebut adalah “Sintesis Katalis Ni/ZSM-5 Mesopori untuk Konversi Limbah Plastik Menjadi Bahan Bakar Cair Demi Mendukung Kemandirian Energi di Masa Depan”.

Sebagai informasi tambahan, Juara 1, 2, Harapan 1, Harapan 2, Harapan 3, Best Implementation dan Best Paper secara berturut-turut diraih oleh Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Gadjah Mada, Universitas Mataram, Universitas Brawijaya, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Ahmad Dahlan.

Hal ini menunjukkan bahwa tim Universitas Palangka Raya adalah finalis yang memborong kategori penghargaan terbanyak dari 15 tim lainnya. Pencapaian ini patut dibanggakan dan diapresiasi karena meskipun bergelut dengan keruhnya suasana Covid-19, mahasiswa Universitas Palangka Raya tetap mampu bersaing dengan perguruan tinggi ternama di Indonesia dan berhasil meraih banyak prestasi demi mengharumkan nama perguruan tinggi di tingkat nasional. (rag)

About dwidjo -

Check Also

Kepala Perpusnas : Perlu Cara Pandang Literasi Yang Selaras

Jakarta,Koranpelita.com Peningkatan literasi di Indonesia membutuhkan dukungan dari seluruh pihak, baik yang ada di pusat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *