Home / News / Kiprah LKS Lansia Suko Manunggal

Kiprah LKS Lansia Suko Manunggal

Sleman, Koranpelita.com

Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS) Soko Manunggal Desa Sukoharjo yang dipusatkan di Kompleks Masjid Besar Baiturrahman, Klidon sangat potensi untuk dikembangkan kiprahnya ke dusun dusun lainnya.

Sejak berdiri tahun 2013 LKS Soko Manunggal terus berkiprah,  terlebih semakin bertambahnya Usia Harapan Hidup para lansia, maka semakin bertambah banyaknya Lansia di wilayah ini.

Di Dusun Klidon saja yang jumlahnya 900 jiwa lebih yang lansia sudah mencapai 144 jiwa baik yang potensial dan non potensial,

Untuk mengantisipasi kondisi tersebut tadi malam di Masjid Besar Baiturrahman Klidon, diadakan pertemuan khusus membahas program kerja LKS Lansia Suko Manunggal.

Dalam kesempatan tersebut hadir Kepala Desa Sukoharjo yang di Wakili Kasie Pelayanan Masyarakat Desa Sukoharjo Sujadi. Kepala Dusun Padukuhan Klidon Amanda, S Kom serta Ketua Takmir Masjid Besar Baiturrahman Klidon Sukoharjo H. Muslih Efendi ST serta RT, RW dan Tokoh Masyarakat serta para Kader Posyandu Lansia serta Pengurus Dan Anggota LKS Lansia Suko Manunggal yang diketuai Yasmin, SPd.

Dalam kesempatan tersebut Yasmin memaparkan program LKS Lansia Suko Manunggal untuk Tahun 2020 disamping rutin mengadakan kegiatan posyandu lansia, membantu lansia dalam kegiatan lainnya dan juga menyalurkan bantuan dari Dinas Sosial, Baznas serta bantuan lainnya.

Dia mengharapkan dukungan semua pihak untuk membantu secara aktif baik moril dan material sehingga program LKS bisa jalan.

Dalam tahun ini diharapkan ada program Senam Lansia, Program Posyandu Lansia, Program BKL serta program Lansia Produktif lainnya, kesemuanya dibutuhkan dana dukungan untuk menggerakkan kegiatan ini paparnya. Sementara itu Sujadi mewakili Desa Sukoharjo sangat terima kasih dan menyambut program lansia ini, pemerintah desa sangat mendukung dan akan membantu sesuai kemampuan desa sehingga program lansia bisa dijalankan sesuai tujuan untuk mensejahterakan para lansia di Desa Sukoharjo, tegasnya.

Muslih Efendi selaku Ketua Takmir Masjid Besar Baiturrahman Klidon Sukoharjo menyambut baik dan antusias dan program lansia ini selalu mendukung apalagi di masjid kegiatannya sangat mendukung, yang selama ini sudah berjalan kedepan perlu ditingkatkan kegiatannya.

Setelah beberapa penyampaian dilanjutkan diskusi terkait program yang disampaikan Ketua LkS Lansia ditanggapi beberapa usulan sistem cara menggali dukungan untuk kebutuhan operasional LkS antara lain partisipasi masyarakat melalui iuran dari Pegawai, Pengusaha dan masyarakat yang peduli lansia termasuk jamaah yang mampu memberikan dukungan untuk mendukung operasional LkS tersebut.

Para peserta sangat mendukung melalui sosialisasi lewat RT, RW serta informasi lain melalui Media Sosial, grup WA yang sangat efektif penyampaiannya.

Kesimpulan pertemuan sepakat program LkS ini segera ditindak lanjuti dan program harus skala prioritas utamanya pembaharuan akte dan melengkapi ijin pendirian LkS serta program lainnya yang sangat mendesak dilakukan. Catatan rapat malam ini tetap mematuhi protokol kesehatan pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan serta lainnya supaya tetap Aman, Aamiin.( srp).

About dwidjo -

Check Also

MPR RI dan Apkasi Tandatangani MoU Sosialisasi Empat Pilar MPR RI

Jakarta, Koranpelita.com Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyambut hangat penandatanganan MoU antara MPR RI dengan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *