PWI Kalteng Terima Bantuan Masker dari Gajah Tunggal Group d

Palangka Raya, Koranpelita.com.

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Tengah mendapatkan bantuan 1.000 masker. Bantuan itu bagian dari 50 ribu masker medis yang disumbangkan oleh Yayasan Upaya Indonesia Damai atau juga dikenal sebagai United in Diversity (UID). Bantuan dikirimkan PWI Pusat kepada seluruh PWI provinsi.

PWI Pusat sendiri menerima bantuan 50 ribu masker medis pada Rabu (24/06) di kantor PWI Pusat yang diterima oleh Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari. Selanjutnga didistribusikan untuk PWI Provinsi seluruh Indonesia. Pengiriman menuju Kalteng sudah dilakukan, dan dalam waktu dekat sudah sampai di Sekretariat PWI Kalteng.

Ketua PWI Kalteng HM Harris Sadikin mengungkapkan, bantuan masker rencananya akan didistribusikan kepada PWI kabupaten. Jumlah masker yang dikirimkan ke kabupaten, disesuaikan dengan kondisi daerah. Apabila daerah tersebut kondisi covid-19 mengkhawatirkan, tentu jumlah masker yang disalurkan menyesuaikan.

“Kita jatahnya 1.000 masker dari PWI Pusat. Nanti kita juga salurkan ke PWI kabupaten. Jumlahnya disesuaikan dengan kondisi daerah,” tegas Harris, Jumat (16/6).

PWI Kalteng, jelas Harris, sangat bersyukur ada pihak yang peduli terhadap kondisi wartawan. Apalagi di tengah pandemi, wartawan menjadi profesi yang rentan terinfeksi covid-19. Aktivitas wartawan berinteraksi dengan banyak orang mengharuskan taat pada protokio kesehatan, terutama penggunaan masker.

Masker menjadi alat yang wajib digunakan, kata Harris, ketika liputan di lapangan. Resiko yang dihadapi wartawan sangat besar, sehingga alat pelindung diri wajib digunakan. Ia meminta, wartawan tetap taat pada protokol kesehatan yang telah ditetapkan, ketika liputan di lapangan.

Sumbangan kepada PWI merupakan bagian 6 juta masker medis yang telah dan akan disalurkan oleh yayasan yang didukung penuh Gajah Tunggal Group tersebut demi membantu upaya penanggulangan pandemi Covid-19.

Sejak awal Mei, UID telah membagikan lebih dari 4 juta masker, antara lain kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, sejumlah pemerintah daerah, Palang Merah Indonesia, TNI dan Polri, serta komunitas- komunitas masyarakat.
Ketua UID, Tuti Hadiputranto, menyampaikan penghargaan kepada PWI dan juga gerakan PWI Peduli yang telah terjun membantu meringankan penderitaan anggota masyarakat yang terdampak oleh pandemi Covid-19. Ia juga mengatakan bahwa fungsi pers sangat penting, bukan saja sebagai penyebar informasi, tapi juga mendidik kesadaran masyarakat luas untuk bagaimana menghadapi ancaman wabah ini dan mitigasinya.

Tuti Hadiputranto mengharapkan dalam memasuki kenormalan baru anggota anggota PWI yang tersebar di seluruh Indonesia melalui medianya masing masing tetap giat menyebarluaskan tentang pola hidup yang beradaptasi dengan virus corona dengan memahami dan mematuhi protokol kesehatan yang ditentukan. “Bantuan masker medis ini adalah juga sebagai seruan untuk menerapkan kebiasaan baru untuk hidup bersih, sehat, terlindungi dari penyakit, dan tetap bisa produktif,” ungkapnya.

Ketua Umum PWI Pusat Atal Depari dalam sambutannya mengatakan bahwa bantuan 50 ribu masker ini akan dibagikan ke 35 cabang PWI seluruh Indonesia, dengan memberi prioritas kepada Jawa Timur yang warganya terdampak paling banyak oleh pandemi virus corona. Penyaluran masker ini biarpun dalam jumlah lebih kecil tetap akan dilakukan ke cabang cabang di ujung ujung wilayah Indonesia.
Presiden Direktur PT Gajah Tunggal, Sugeng Rahardjo, mengatakan bahwa perusahaannya berusaha untuk tetap peduli pada masalah masalah kemanusiaan, utamanya dalam menghadapi bencana. Bantuan ini kiranya bisa lebih menguatkan kesetiakawanan sosial dan kebersamaan kita dalam menghadapi pandemi. (Ruslan AG).

About dwidjo -

Check Also

Wartawan Senior Perkuat KBB Kalteng

Palangka Raya, Koranpelita.com. Kepengurusan Kerukunan Bubuhan Banjar Kalteng (KBB) Periode 2020-2025 yabg diketuaii KH CHairudin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *