Kodiklatal Siapkan Latihan Armada Jaya Secara Daring

Surabaya,  Koranpelita.com

Dengan memanfaatkan teknologi informasi, Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) berencana menggelar gladi posko Latihan Armada Jaya secara daring dengan menggunakan aplikasi e-gladi posko.

Latihan secara daring tersebut dilaksanakan dalam rangka mengantisipasi penyebaran Virus Corona yang dapat terjadi apabila gladi posko dilaksanakan secara konvensional.

Kesiapan penggunaan aplikasi E-Gladi posko tersebut, dipaparkan oleh Pabanlat Ditdiklat Kolonel Marinir Very Marpaung dan Paban Sislat Ditdiklat Kolonel Marinir Tri Subandiana dihadapan Dankodiklatal Laksda TNI Nurhidayat, Wadan Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Amir Faisol, S.Sos., M.M. serta para Direktur, Danpuslat, Dankodik, Danpusdik dan para Komandan Sekolah. Kegiatan tersebut digelar di Gedung Soedomo, Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya (18/6).

Aplikasi E-Gladi Posko adalah metode latihan proses perencanaan militer yang dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi informasi dimana penyelenggara latihan dengan pelaku hanya berinteraksi melalui jaringan internet dan vicon. Aplikasi ini dikembangkan oleh para perwira Kodiklatal sendiri.

Menurut Kolonel Marinir Tri Subandiana, aplikasi ini memiliki beberapa manfaat diantaranya cukup efektif karena lebih mudah dipahami dan dilaksanakan, efisien karena paperless, dapat dilaksanakan dimana saja selama ada jaringan internet dan aplikasi ini dapat digunakan dalam kegiatan operasi sesungguhnya.

Dalam rangka melaksanakan tugas TNI AL diperlukan pembinaan latihan secara terus menerus sepanjang tahun sebagai upaya dalam meningkatkan, memelihara serta menguji kemampuan serta ketrampilan prajurit dan satuan TNI AL.

Oleh karena itu, kegiatan pembinaan latihan TNI AL berupa Latihan Armada Jaya ke-38 tahun 2020 dituntut tetap dapat dilaksanakan dengan baik tanpa resiko terpapar Covid-19 sehingga diperlukan terobosan berupa latihan dengan memperhatikan physical distancing.

Keunggulan dari kegiatan ini adalah adaptif terhadap siatuasi Pandemi corona saat ini, sehingga potensial penularan virus corona dapat dicegah. Paperless, semua produk latihan dalam wujud file yang dikirimkan kepada penyelenggara latihan. Kompatibel dengan system Windows dan andoid yang biasa diakses melalui Handpone, Tablet, laptop dan PC.

Pengembangan aplikasi E-gladi posko ini sesuai dengan Program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. tentang penyelarasan doktrin, operasi dan latihan serta sistem pelatihan yang fleksibel dan adaptif terhadap dinamika dan situasi terkini.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Komandan Lanal Banyuwangi Sambut Dan Dampingi Kajida Wantannas RI

Banyuwangi,  Koranpelita.com Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Banyuwangi, Lantamal V, Koarmada II Letkol Laut …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *