Repatriasi ABK WNI Kapal Pesiar MV. Rotterdam

Jakarta,  Koranpelita.com

Komandan Lantamal III Jakarta, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M. selaku Dansatgas pimpin evakuasi pemulangan ABK WNI kapal pesiar MV. Rotterdam sebanyak 342 ABK, turun dan disambut oleh Satuan tugas evakuasi di dermaga JICT II Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara, Senin (8/6/2020).

Kapal pesiar MV. Rotterdam berbendera Negara Netherlands, sebelumnya dari Reunion Francis tujuan Philipina/Manila, kemudian menuju Jakarta dan lego jangkar ± 3-4 Nm, dengan menggunakan tunderboat dan pengawasan pengamanan langsung oleh Tim Satgas ABK kapal pesiar MV. Rotterdam mulai dievakuasi menuju Dermaga JICT-2 Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara.

ABK sebanyak 342 WNI dan 1 WNA kewarganegaraan Bosnia (turun untuk kemudian kembali ke negaranya menggunakan pesawat udara disambut oleh sdri Aini Putri Waulandari dari Kedutaan). Sesampainya di dermaga Tim Satgas langsung melakukan penyemprotan disinfektan baik terhadap tubuh maupun barang bawaannya, terkhusus untuk barang bawaan diwajibkan melewati X-Ray dari Tim Bea Cukai dan juga pemeriksaan oleh K-9/Anjing Pelacak Pom Lantamal III Jakarta.

Dari 343 ABK terdiri dari 330 Pria dan 13 wanita, setibanya di hotel Mercure Hayam wuruk dan Hotel Mercure Batavia akan dilaksanakan Swab Test (PCR) dari Tim KKP yang telah disiapkan sekitar 4 Tim medis, dan ditempatkan per kamar untuk 1 orang saja, pemeriksaan dipimpin langsung oleh dr. Jefri Hasibuan Simbolon, M.Kes. (KKP Klas I Pelabuhan Tanjung Priuk Jakarta utara).

“Pemeriksaan swab test ini lebih akurat hasilnya dibandingkan rapid test, hasil swab test saat ini antara 2-3 hari saja, sudah dipastikan negative atau positif, namun rata-rata hasilnya “Negatif” kata Dokter Jefri.

Dalam kesempatan ini Pangkoarmada I Laksamana muda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M. didampingi Brigjen TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M. meninjau langsung pelaksanaan evakuasi di Dermaga JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara.

“Ini merupakan salah satu tugas kami adalah melaksanakan evakuasi terhadap repatriasi atau pemulangan WNI yang bekerja di luar negeri dalam rangka penanganan Covid-19. Saat ini kita akan menerima sebanyak 343 ABK dari MV. Rotterdam berbendera Netherland, setelah melaksanakan protocol covid-19, mereka akan dibawa ke hotel mercure untuk melaksanakan isolasi selama 14 hari. Ini merupakan kapal yang ke-12 dan sudah sekitar 3163 ABK WNI yang sudah dievakuasi, bila hasilnya ada yang positif akan dibawa ke RSD Wisma atlet, bila negative tentunya akan dipulangkan ke daerahnya masing-masing oleh agen dan mudah-mudahan semua berjalan dengan lancar dan kita selalu bekerjasama dengan instansi terkait.” Ungkap Pangkoarmada I.

Hadir pada proses evakuasi ABK kapal pesiar MV. Rotterdam di Dermaga JICT-2 Pelabuhan Tanjung Priuk Jakarta utara, yaitu Dansatgas, Wakil Dansatgas Kolonel Marinir Beny Sarana, Dansat Kopaska Armada I, Kapolres Pelb. Tj. Priuk AKBP Kurniawan Tandi Rongre, S.Ik, Si., KKP, Syahbandar, KSOP, Imigrasi, Bea cukai dan Pihak Agen Kapal.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Komandan Lanal Banyuwangi Sambut Dan Dampingi Kajida Wantannas RI

Banyuwangi,  Koranpelita.com Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Banyuwangi, Lantamal V, Koarmada II Letkol Laut …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *