Bingkisan sembako yang siap dibagikan ke warga.(Fot-hms)

Jelang Pemberlakuan PSBB, Pemkot Tegal Bagi Sembako

Tegal, koranpelita.com – Jelang pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Tegal (23/4/2020) mendatang, Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal, membagi Paket Sembilan Bahan Pokok (Sembako) bantuan sosial bagi masyarakat terdampak Pandemi Covid-19 warga Kota Tegal.

Bantuan tersebut mulai disalurkan hari ini, ditandai dengan peluncuran pembagian bantuan tersebut oleh Walikota Tegal, Dedy Yon Supriyono, di halaman Pendopo Ki Gede Sebayu, Komplek Balai Kota Tegal, Senin (20/4/2020).

Dalam pendistribusian paket sembako tersebut, Pemkot sengaja melibatkan angkutan kota dan becak untuk membantu pemberdayaan dikala wabah Covid-19, masyarakat tidak perlu keluar, namun bantuan telah didistribusikan Pemkot.

Walikota Tegal, H Dedy Yon Supriyono menyampaikan, bantuan sembako tersebut disalurkan kepada 14.111 Kepala Keluarga (KK) miskin di Kota Tegal.

“Saya harap bantuan tersebut bisa membantu meringankan beban masyarakat miskin, dalam menghadapai wabah Covid-19,” ujarnya.

Selain itu, Dedy Yon juga mengingatkan, pemberlakuan PSBB di Kota Tegal mulai (23/4) selama 14 hari kedepan, namun pihaknya akan berencana akan mengajukan kembali perpanjangan pemberlakuan PSBB sampai satu bulan dan berakhir pada (23/5/2020).

“Saya harap semua pihak bisa membantu kelancaran pelaksanaan PSBB tersebut, sebab menurutnya jika hanya Pemkot Tegal saja yang menangani pelaksanaan PSBB tanpa ada bantuan dari TNI, POLRI, Masyarakat dan semua pihak, maka mustahil PSBB ini bisa berjalan dengan lancar,” harapnya.

Dengan pemberlakuan PSBB ini, lanjut Dedy Yon, tidak ada lagi penambahan kasus positif Covid-19 lagi di Kota Tegal.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Tegal, Dyah Kemala Shinta, menyampaikan, sasaran bantuan tersebut adalah warga miskin kota Tegal yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) diluar penerima PKH dan BPNT sejumlah 14.111 KK.

“Bantuan ini diberikan agar warga miskin terdampak bencana non alam Covid-19 terbantu pemenuhan pangan selama adanya wabah Covid-19,” ujarnya.

Sedangkan waktu penyaluran, menurut Dyah, dilaksanakan selama tiga kali, dari bulan April, Mei, Juni 2020 dan dibagikan setiap tanggal 15 s.d 20 di setiap bulannya.

Dyah Kemala Shinta menuturkan, paket Sembako tersebut berisi, Beras 5 kg, Sarden 1 kaleng kecil, mie isntan 6 bungkus, teh 1 pak, kecap 1 botol kecil dan susu kental manis.

“Saya harap, bantuan itu minimal bisa membantu warga miskin selama wabah Covid-19, dalam pemenuhan kebutuhan dasar pangan kepada warga miskin di Kota Tegal,” pungkasnya.(hms/her)

About dwidjo -

Check Also

Terjadi Dobel Data Kasus Positif di Jateng Tertinggi Indonesia

Semarang,Koranpelita.com Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Yulianto Prabowo sangat menyayangkan terjadinya kekeliruan dalam rilis …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *