Reposisi Anggaran, Dewan Minta Pemprov Bantu Kebutuhan Dasar Bagi Masyarakat dan Anak Sekolah

Banjarmasin, Koranpelita.com

Selain dampak kesehatan, bencana Covid-19 dipastikan menimbulkan dampak sosial, ekonomi dan lainya bagi masyakat.
Dari itu wakil rakyat di DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) selain mendukung reposisi APBD Tahun 2020 yang dibahas bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel pekan tadi, juga meminta Tim Gugus Tugas, untuk memberi bantuan kebutuhan dasar pokok bagi masyarakat khususnya bagi anak sekolah semasa dalam pemulihan nantinya.

” DPRD dan Pemprov Kalsel sudah menyepakati reposisi anggaran bukan saja untuk pencegahan, tapi juga penanggulangan,” ujar Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, HM Lutfi Saifuddin, Sabtu (4/4/2020).

Karena itu lanjut dia, Pemprov Kalsel diminta untuk memberikan bantuan kebutuhan dasar pokok, bagi masyarakat yang terkena dampak langsung secara ekonomi.

Selain itu juga tak dapat dilupakan dampak buruk bagi anak sekolah, khususnya anak-anak dari kalangan miskin yang pada Bulan Mei dan Juni nanti mereka akan masuk sekolah dan membutuhkan bermacam biaya dan peralatan sekolah.

” Itu nanti harus ada langkah konkrit kehadiran pemerintah provinsi dan kita mengharapkan bantuan dari gugus tugas,” kata Lutfi Saifuddin.

Ketua Komisi IV membidangi pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan ini juga meminta nantinya ada ketegasan pemerintah daerah, agar meniadakan segala bentuk pungutan maupun yang berkait penerimaan murid baru.

Kemudian, politisi Partai Gerindra ini juga meminta agar bantuan sekolah khusus masyarakat miskin yang diberikan bisa berupa kebutuhan seperti seragam dan peralatan sekolah dengan mengacu jumlah siswa miskin dari sekolah masing-masing.

Disinggung perkiran kapan bencana covid-19 ini berakhir? Ketua komisi yang juga membidangi pemuda, olahraga, dan ketenagakerjaan ini mengaku tak bisa memastikan. Namun, imbuh dia setidaknya satu atau dua bulan kedepan dimungkinkan grafiknya bakal menurun. Sehingga berdasarkan perkiraan sementara ini, maka kondisi aman sekitar diatas Bulan Juni.

” Kita berharap semua masalah yang ada bisa kita tanggulangi bersama-sama,” pungkasnya. (Ipik)

About kalselsatu

Check Also

Sekda Sintang: Kalian Bersyukur Lulus CPNS

Sintang, Koranpelita.com  Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M. Si memberikan pengarahan kepada 238 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *