Gugas Percepatan Penanganan Covid-19 Uji Dinamis KIMU di Lanud Halim Perdanakusuma

Jakarta,  Koranpelita.com

Tim Batalyon Kesehatan TNI Angkatan Udara (Yonkesau) yang tergabung dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melaksanakan uji dinamis KIMU (Kontainer Isolasi Medik Udara) di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (27/3).

Uji dinamis KIMU dengan melaksanakan penerbangan sekitar satu jam menggunakan pesawat C130 Hercules dari Skadron Udara 31 Wing Udara 1 Lanud Halim Perdanakusuma. Turut serta dalam penerbangan uji dinamis KIMU, Kasubdisdukkes Diskesau Kolonel Kes dr. Aplin Ismunanto dan tim medis dari Yonkesau yang dipimpin Komandan Yonkesau Letkol Kes dr. Heru Wisnu.

Uji dinamis KIMU dimaksudkan untuk melihat kesiapan operasional KIMU agar dapat berfungsi dengan baik sehingga dapat digunakan setiap saat serta melatih tim medis agar benar-benar memahami dan mengerti tugasnya sesuai SOP.

Turut hadir dalam uji dinamis KIMU, Komandan Skadron Udara 31 Letkol Pnb Puguh Yulianto dan Komandan Skadron Teknik 021 Lanud Halim Perdanakusuma Letkol Tek Arrad Taufik Harmoko

Sebelumnya, dijelaskan Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Udara (Kadiskesau) Marsma TNI Isdwiranto, KIMU dirancang dan disiapkan untuk mengevakuasi pasien Covid-19 yang membutuhkan tindakan darurat untuk dibawa ke rumah sakit rujukan dari satu daerah ke daerah lain. Berkapasitas delapan pasien, KIMU diawaki beberapa dokter spesialis dan petugas paramedis.

KIMU dilengkapi High Efficiency Particulate Air (HEPA) yang mampu menyaring partikel virus kemudian disinari ultraviolet dengan tekanan negatif yang mampu membunuh virus atau bakteri sehingga akan menghasilkan udara bersih dan dialirkan kembali ke dalam kontainer.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Sambut Hardikal, Satdik- 1 Kodiklatal Bimsuh Lomba PBB Sarana Evaluasi dan Optimalisasi

Surabaya,  koranpelita.com Siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) Satuan Pendidikan (Satdik) – 1 Angkatan 44 TA. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.

Eksplorasi konten lain dari www.koranpelita.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca