Kebersihan Salah Satu Pencegahan Virus Corona

Cianjur, Koranpelita.com

Kebersihan merupakan salah satu pencegahan untuk mencegah dari berbagai macam penyakit, terutama virus Corona.

Penegasan itu, disampaikan dr. Usep Suhendra (dr. spesialis paru) pada Balai Paru Kesehatan Masyarakat (BPKM) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Jumat (20/3), terkait penyebaran virus corona.

Menurutnya, untuk kondisi saaat ini bagi tempat –tempat umum antara lain seperti orang – orang melaksanakan sholat Jum’at di mesjid atau berkumpul melaksanakan kewajibannya, ketika banyak orang bertemu tentu ada orang sakit berpotensi menular pasti ada, karena kitak tidak tahu pasien yang datang ke tempat tersebut dengan kondisi kesehatannya.

“Oleh karenanya kita harus menjaga diri sendiri bagaimana mencegah penularan penyakit ini, dan tetntunya Bupati Cianjur sudah menyampaikan hal ini terkait dengan pelaksanaan shalat Jum’at,” ungkapnya.

Dia juga menjelaskan, mengenai karpet di mesjid tentu harus dipelihara dengan baik dan harus ada pemeliharaan atau pembersihan secara rutin dan berkala, dan tidak hanya karena ada kasus Covid – 19 saja,”Mungkin juga ada penyakit penyakit lain seperti bakteri ataupun jamur yang senang dalam kelembaban,” ujarnya.

Dengan begitu, harus tetap melaksanakan kebersihan, terutama seperti karpet yang banyak dikunjungi orang dan banyak dipakai orang, sehingga kebersihan merupakan salah satu pencegahan dari berbagai macam penyakit terutama virus Corona.

Dikemukakan mengenai Covid -19 yang paling dikhawatirkan adalah cara penularannya, karena saat ini penularannya sudah mencapai melewati tahap ke empat. Tahap ke empat itu, adalah penularan atau transmisi manusia kemanusia dan ketika pasien ataupun ketika orang yang punya gejala batuk,demam,nyeri tenggorokan,sesak nafas.

“Itu, apabila tidak melaksanakan etika ketika batuk, maka percikan batuk yang kemungkinan mengandung virus akan menularkan kepada orang lain dengan jarak dari kurang satu meter,” tuturnya.

Apabila ada orang yang mempunyai gejala tersebut, maka lebih baik, tidak bepergian kemana mana, dan harus memakai masker, selalu melakukan cuci tangan,”Pencegahan lebih penting dari pada mengobati,” sarannya. (Man Suparman)

About dwidjo -

Check Also

Menteri LHK Siti Nurbaya: Penting, Jurnalisme Lingkungan

Jakarta, Koranpelita.com Menghormati dedikasi seorang jurnalis dalam membantu pelestarian lingkungan, Kementerian Lingkungan HIdup dan Kehutanan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *