Kolinlamil Bersama Masyarakat Muara Gembong Tanam Mangrove

Jakarta,  Koranpelita

Dalam rangka memperingati HUT Ke-74 Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan memecahkan rekor MURI, Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) melaksanakan penanaman 4000 pohon bakau atau mangrove di Pantai Bakti, Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Adapun tema yang diambil dalam penanaman pohon mangrove ini adalah “Selamatkan Bumi Untuk Anak Cucu Kita”. Kegiatan ini menggandeng berbagai elemen masyarakat sebanyak 1650 orang, terdiri dari Kolinlamil 150 orang, Pemda Kabupaten Bekasi 150 orang, Korem 051 Wijayakarta 50 orang, Polres Bekasi 50 orang, Ormas Pemuda Pancasila 750 orang, KNPI 250 orang, Pelajar (SMP dan SMA) Muara Gembong 250 orang.

Saat membuka kegiatan tersebut, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M. melalui Kaskolinlamil mengatakan kepedulian TNI AL terhadap lingkungan maritim sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan karya bhakti TNI AL berupa penanaman kembali lahan mangrove yang telah rusak, sehingga kedepan dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, khususnya di wilayah Muara Gembong.

Tanaman mangrove sangat penting bagi kehidupan warga yang bermukim di wilayah pesisir. Memperbanyak tanaman mangrove sama halnya meminimalisir dampak bencana.

“Dahulu Muara Gembong merupakan kawasan pesisir tempat tumbuhnya ratusan hektar mangrove. Namun perkembangan populasi penduduk dan meningkatnya kebutuhan hidup, maka terjadi pemanfaatan kayu mangrove secara berlebihan, dan juga beralihnya fungsi hutan mangrove untuk kepentingan lain,” tuturnya.

Oleh karena itu tepat kiranya pada momentum HUT ke-74 TNI, Kolinlamil mengajak seluruh elemen pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bekasi untuk peduli terhadap lingkungan pesisir di pantai Muara Gembong dengan melakukan penanaman kembali mangrove yang diharapkan akan memberi manfaat bagi masyarakat sekitar.

Kegiatan ini secara serentak di 74 daerah dari Sabang sampai Merauke, dan terpusat di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara dipimpin Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP. Penanaman 300.074 bibit pohon Mangrove mendapat penghargaan langsung dari Museum Rekor Indonesia (MURI) karena telah memecahkan rekor penanaman Mangrove di Indonesia, dan TNI dinilai sebagai institusi yang peduli terhadap lingkungan. (ay/Dispen Kolinlamil)

About ahmad yani

Check Also

Wadan Kodiklatal : Maknai Bulan Suci Ramadan Dengan Menjaga Kesehatan dan Meningkatkan Ibadah

Surabaya,  koranpelita.com Memasuki hari ke-16 Bulan Suci Ramadan 1445 H /2024 M, ratusan Prajurit Anggota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.