Sekda H.Uju Membuka TMMD ke 106 di Sukadaya

Bekasi,Koranpelita.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, H. Uju, membuka kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 106 di Desa Sukadaya, Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi, Rabu (2/10/2019).

Dalam sambutannya Setda Kabupaten Bekasi, H. Uju mengatakan, melalui kegiatan TMMD ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa kebersamaan, kegotong-royongan dan kekeluargaan yang harmonis antara pemerintah daerah Kabupaten Bekasi, Kodim 0509/Kabupaten Bekasi dengan warga di sekitar lokasi kegiatan.

“Saya berharap warga masyarakat Desa sukadaya dapat mendukung dan membantu program yang dilaksanakan,” katanya.

Pihak pemerintahan daerah Kabupaten Bekasi menyambut baik diselenggarakannya kegiatan TMMD kiranya dapat memberikan manfaat antara lain terpenuhinya beberapa sarana dan prasarana yang sangat dibutuhkan warga masyarakat khususnya masyarakat Desa Sukadaya.

“Dengan adanya kebersamaan ini diharapkan dapat meningkatkan kemanunggalan Pemerintah Daerah, TNI, dengan rakyat. Hal ini sesuai dengan sistem pertahanan negara yang bersifat semesta akan seluruh warga negara wilayah dan sumberdaya nasional lainnya sebagai kekuatan dari TNI,” ucapnya.

Menurutnya, dengan semangat gotong royong dan kekeluargaan serta saling bahu-membahu antara Pemerintah, Kodim dan masyarakat sehingga keinginan warga akan segera direalisasikan.

“Menjadi kenyataan dalam waktu relatif singkat dan biaya yang relatif kecil. Hal ini dapat terwujud karena adanya peran aktif dari warga masyarakat dalam mendukung dan membantu program yang dilaksanakan,” ujarnya.

Sekda mengharapkan dalam pelaksanaan di lapangan masyarakat juga dapat memberikan dukungan dan bantuan secara maksimal untuk bersama-sama membangun, memperbaiki, menyelesaikan sarana dan prasarana umum.

“Prasarana yang akan dibangun dan diperbaiki hendaknya dilaksanakan dengan sebaik-baiknya bagi kepentingan bersama sehingga dapat memberikan nilai manfaat yang besar bagi masyarakat,” terangnya.

Kegiatan TMMD, lanjut Sekda, hendaknya dapat memperkokoh dan meningkatkan kemanunggalan Pemerintah Daerah,TNI dan rakyat sehingga dapat dijadikan sebagai pendorong semangat dalam menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin dinamis dan kompleks.

“Kita berkeyakinan bahwa selama kemanunggalan berjalan dengan kokoh selama itu pula kita akan mampu menghadapi dan menyelesaikan setiap permasalahan yang dihadapi bangsa dan negara. Hal seperti inilah yang dapat membantu tetap terpelihara nya keutuhan NKRI,” tuturnya.

Sementara itu, Dandim 0509/Kabupaten Bekasi Letkol Arh Ferry Sandi Sitompul mengatakan kegiatan TMMD ke 106 di Wilayah Desa Sukadaya ada dua hal yakni fisik dan non fisik dari tanggal 2 hingga 31 Oktober 2019.

“Giat fisik. Kami akan membangun jalan di Kampung Pengarengan, Desa Sukadaya sejauh 1 KM dengan lebar 3 meter,”katanya.

Masih kata Letkol Perri Sitompul. Selain kegiatan fisik juga dilakukan kegiatan non fisik yakni pengarahan bagi masyarakat mengenai masalah ketahanan nasional, bahaya narkoba, kesadaran berlalu lintas juga membantu masyarakat dalam bentuk Layanan SIM Keliling gratis, kepengurusan akta kelahiran, isbat nikah.

“Anggota kami bersama-sama dengan Dinas Kependudukan sudah mendata siapa yang belum punya akta kelahiran. Kemudian kami juga ada layanan sidang isbat pernikahan dan pembagian sertifikat walaupun bukan daerah sini (Sukadaya-red) akan tetapi di beberapa daerah,” ucap Ferry.

Terpisah, Kepala Desa Sukadaya, Kecamatan Sukawangi, Sartija Arizona menyampaikan, pihaknya sangat berterima kasih atas pelaksanaan TMMD yang dilakukan TNI di wilayahnya.
“Saya secara pribadi mengucapkan terimakasih atas terpilihnya wilayah Kami sebagai tempat TMMD ke 106,”katanya.

Menurut Sartija Arizona, TMMD yang dirinya ketahui tidak hanya menyasar kegiatan fisik saja tetapi kegiatan non fisik. Oleh karena itu dengan adanya kegiatan non fisik bisa membantu masyarakat dalam pengetahuan.

” Di TMMD katanya ada pembuatan SIM gratis, Isbat Nikah, Pengurusan Akta Kelahiran dan pengetahuan tentang wawasan kebangsaan dan bahaya narkoba itu sangat membantu bagi Kami,”katanya.

Dirinya meminta, jika nanti ada program dari pemerintah daerah atau TNI yang lain yang sifatnya membangun Desa. Ia meminta Desa Sukadaya salah satu yang diprioritaskan.

“Yaah kalo ada lagi program dari pemerintah daerah, pusat ataupun TNI yang lain di sini tolong diprioritaskan lagi karena disini masih banyak pembangunan,”pintanya. (ane)

 

About dwidjo -

Check Also

Ditresnarkoba Polda Kalbar Musnahkan BB Narkoba

Pontianak, koranpelita.com Direktorat Narkoba Polda Kalbar musnahkan barang bukti narkoba, Jum’at 23 Oktober 2020, Pagi. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *