Dominannya Investor Sawit di Kotim Diimbangi Ketersediaan SDMnya

Sampit Koranpelita.com.

Banyaknya investor perkebunan sawit di Kabupaten Kotawaringin Timur ( Kotim) Provinsi Kalteng, harus diimbangi dengan ketersediaan SDM dari masyarakat setempat ,untuk menyahuti kebutuhan tenaga kerja trampil,jiwa kewirausahaan dan jangan hanya jadi pekerja rendahan yang tak memiliki skill.Karenanya, di Kotim perlu didirikan politeknik untuk mempersiapkan SDM masyarakat lokal supaya bisa memenuhi pasar kerja di sektor ini dengan posisi yang juga bagus.

Demikian diungkapkan Riduan Kesuma dosen Universitas Darwan Ali Sampit dalam diskusi terbuka bertema Sawit dan Masa Depan Kotim di Cafe Brenzell Sampit Minggu malam ( 29/9).

Sementara itu Ir.Pardamean Gultom anggota DPRD Kotim dari Fraksi Partai Nasdem mengatakan,pihak perkebunan sawit juga ada yang mendorong peningkatan SDM masyarakat setempat dengan dikuliahkan di Pulau Jawa.Selain ada yang menempati posisi bagus bekerja sebagai karyawan perkebunan sawit.

Sedangkan Bapak Untung Ketua harian Dewan Adat Daerah ( DAD) Kotim mengatakan, terkait dengan judul diskusi yang bertemakan Sawit dan Masa Depan Kotim menegaskan,ia merasa pesimis sawit akan menjadi masa depan masyarakat Kotim.Karena itu potensi lain juga harus dikembangkan untuk bisa membawa rakyat Kotim pada kehidupan yang lebih baik.( Ruslann AG).

About dwidjo -

Check Also

LP3ES Survey di Kotim Terkait Pelaksanaan Pilkada

Sampit,Koranpelita.com. Kabupaten Kotawaringin Timur ( Kotim) Provinsi Kalteng, merupakan satu dari enam daerah di Indonesia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *