Laksma TNI Agus Hariadi Jabat Danlantamal XII Pontianak

Jakarta,  Koranpelita

Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., pimpin Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Pontianak dari Laksamana Pertama TNI Gregorius Agung W.D., M.Tr (Han) kepada Laksamana Pertama TNI Agus Hariadi di Lapangan Apel Arafuru Mako Koarmada I, Jalan Gunung Sahari No.67 Jakarta Pusat, Sabtu (28/9).

Pangkoarmada I menyampaikan bahwa Lantamal XII merupakan komando pelaksana dukungan di lingkungan Koarmada I yang memiliki tugas sangat penting. Hal ini merupakan konsekuensi dari lokasi geografis wilayah kerja Lantamal XII yang berdekatan dengan wilayah perairan strategis yaitu Laut Cina Selatan, Alur Laut Kepulauan Laut Indonesia (ALKI) I, dan perairan perbatasan dengan Malaysia.

Kondisi ini menjadikan Lantamal XII sebagai salah satu pangkalan terdepan yang bertugas untuk menyelenggarakan dukungan logistik dan administrasi bagi unsur-unsur operasional khususnya KRI.

Disamping itu, lanjut Pangkoarmada I,  Lantamal XII juga bertugas melaksanakan pembinaan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan keamanan negara di bidang maritim, memberdayakan wilayah pertahanan laut (Dawilhanla) dan melaksanakan operasi keamanan laut di wilayah kerjanya.

“Berbagai tugas yang diemban oleh Lantamal XII merupakan bentuk nyata dari komitmen Koarmada I untuk mewujudkan visi pemerintah guna menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia dengan sumber daya manusia sebagai pondasinya. Titik tumpu pembangunan nasional yang bersandar pada sumber daya manusia ini merupakan komitmen pemerintah yang disampaikan pada perayaan ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia 2019 yaitu menciptakan sumber daya manusia unggul Indonesia Maju,” jelas Pangkoarmada I.

Pada kesempatan tersebut, Pangkoarmada I menyampaikan ucapan terima kasih kepada Laksma TNI Gregorius Agung yang telah melaksanakan tugas dengan baik dalam memimpin Lantamal XII, hal tersebut dapat tercapai berkat terjalinnya komunikasi dan hubungan kerja sama serta koordinasi yang baik diantara pemangku kepentingan di Kalimantan Barat terutama dalam menjaga stabilitas keamanan laut.

Ucapan selamat juga disampaikan kepada Laksma TNI Agus Hariadi atas kepercayaan yang diberikan pemimpin TNI AL sebagai Komandan Lantamal XII, kembangkan gagasan dan ide-ide cemerlang serta inovasi baru untuk meningkatkan kinerja organisasi Lantamal XII dalam mendukung kebijakan pemimpin untuk mewujudkan TNI Angkatan Laut yang adaptif, inivatif dan kompetitif guna menghadapi ancaman global.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Bareskrim Polri Periksa Enam Pegawai Kejaksaan Sebagai Saksi Kebakaran

Jakarta, koranpelita.com Penyidik Bareskrim Polri  memeriksa enam pegawai Kejaksaan Agung (Kejagung) sebagai sakai terkait kasus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *