Satlak KJK Taruna AAL Sebagai Duta, Bangsa Lanjutkan Pelayaran Ke Thailand

Malaysia,  Koranpelita

Setelah berada selama beberapa hari KRI Bima Suci sandar di Dermaga Naval Hidrographic Center (NHC) Pulau Indah Port Klang Malaysia, Satuan Latih (Satlat) Kartika Jala Krida (KJK) Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat III Angkatan ke-66, yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Pelayaran Duta Bangsa dengan KRI Bima Suci-945 melanjutkan pelayaran ke Thailand.

Hal tersebut, dinyatakan langsung oleh Komandan Satgas Pelayaran Duta Bangsa Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M. Tr. Hanla, ketika dikonfirmasi Bagpen AAL pada acara pemberangkatan KRI Bimasuci di Dermaga Naval Hidrographic Center (NHC) Pulau Indah Port Klang Malaysia, Jumat (27/9).

Menurut Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M. Tr. Hanla, selama KRI Bima Suci berada di Malaysia, Satlat Kartika Jala Krida 2019 yang tergabung dalam Satgas Diplomasi Pelayaran Duta Bangsa telah menggelar berbagai kegiatan, mendukung diplomasi maritim dengan tajuk “Maritime Fulcrum Brotherhood”, guna mempererat hubungan diplomasi antara Indonesia dan negara-negara tetangga, khususnya kawasan Asia Australia.

“Beberapa kegiatan yang dilaksanakan adalah kirab dan display Genderang Suling Gita Jala Taruna, merupakan tujuan dari Satuan Tugas Diplomasi Duta Bangsa dalam mewujudkan pengenalan TNI Angkatan Laut yang World Class Navy dan Akademi Angkatan Laut sebagai World Class Naval Academy”.

Di KRI Bima Suci juga telah diadakan Cocktail Party dan menjamu tamu-tamu yang hadir, baik tamu dari pejabat militer maupun dari kedutaan, dengan berbagai sajian hidangan menarik khas bangsa Indonesia, sekaligus memperkenalkan budaya tarian tradisional bangsa Indonesia yang diperankan oleh Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut Tingkat III Angkatan ke-66 dibawah pembinaan Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Letkol Laut (P) Afrilian Sukarno Timur, M. Tr. Hanla., M.M.

Tarian yang diperankan tersebut adalah tarian Rampak Gendang, tarian Saman, tarian Kecak dan tarian Drama Rama Shinta serta dilaksanakan di geladak KRI Bimasuci-945 telah membuat decak kagum bagi penontonnya.

Selesai singgah dan sebagai duta bangsa di Malaysia, KRI Bima Suci melanjutkan pelayaran ke Phuket Thailand dengan diawali upacara pemberangkatan serta dihadiri Wakil Kepala Perwakilan KBRI/Deputy Chief of Mission Bapak Krishna K. U. Hannan, Atase Laut Kolonel Laut (E) Renny Lilik Asmoro, Atase Udara Kolonel Pnb Yose Ridha, S.T., M.M., Atase Kepolisian Kombes Pol Chaidir, Wadanmen AAL Letkol Marinir Hervianto Nugroho, M.Tr.Hanla, Danyon III Resimen AAL Mayor Laut (P) Rudhy Herdiono, S.E., M.Tr.Hanla., Danyon IV Resimen AAL Letkol Laut (S/W) Sriani Wulandari S.Pd., M.M, M.Tr.Hanla, Kasirenlat Subditlat Ditdik AAL Mayor Laut (P) Hotbinsar Hutabarat, Danton I A Yon IV Kapten Laut (P/W) Eti Nurhayati, Perwira Tentara Laut Diraja Malaysia (TLDM) di NHC, Perwakilan Staf KBRI di Malaysia, Perwakilan Siswa Siswi Sekolah Indonesia Kuala Lumpur dan Perwakilan Warga Indonesia yang berada di Malaysia.(at)

About ahmad yani

Check Also

Kapolda Kalteng Saksikan Deklarasi Pilkada Damai

Palangka Raya, Koranpelita.com Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., mengajak penyelenggara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *