Terbaik Nasional, KPK Beri Selamat Inspektorat Jateng

Solo, Koranpelita.com

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menobatkan Jawa Tengah sebagai provinsi dengan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan terbaik nasional. Prestasi tersebut diapresiasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena menilai pengawasan Jateng menjadi kunci suksesnya pemberantasan korupsi.

Penghargaan dari Kemendagri itu diterima secara langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dalam acara Rapat Koordinasi Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Secara Nasional (Rakorwasdanas) 2019 di the Sunan Hotel Solo, Rabu (25/9/2019).

Selain Jateng, penghargaan diberikan kepada empat provinsi lain yakni Gorontalo sebagai terbaik kedua, Jawa Timur sebagai terbaik ketiga, dan Jabar serta DIY sebagai terbaik keempat dan kelima.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata yang juga hadir dalam kesempatan itu, secara khusus menyampaikan selamat kepada Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. Ia menerangkan, pengawasan pemerintahan di Jateng menjadi terbaik karena komitmen Ganjar dalam memberantas korupsi.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta jajaran inspektorat tidak berpuas diri dengan penghargaan tersebut. Menurutnya, penghargaan harus dijadikan sebagai pelecut semangat untuk lebih baik lagi.

Kemendagri memberikan penghargaan kepada Jateng, karena telah berhasil melakukan inovasi berupa sistem informasi manajemen pengawasan online di Inspektorat. Selain itu, sejumlah kategori lain seperti kinerja pengawasan terbaik, nilai kapabilitas APIP, penyelesaian LHP, proporsi anggaran pengawasan, ketersediaan inovasi pengawasan, jumlah SDM dan lain sebagainya.(sup)

About redaksi

Check Also

Welcome Dinner Bersama FKDK, Bank Kalsel Kenalkan Budaya Daerah

Banjarmasin, Koranpelita.com Wel­come dinner bersama seluruh De­wan Komisaris dan komite de­wan komisaris merupakan sa­lah satu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.

Eksplorasi konten lain dari www.koranpelita.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca