Jamaah Haji Cianjur Pertanyakan Pengembalian Biaya Paspor

Cianjur, Koranpelita.com

Sejumlah  jema’ah haji dari Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, yang baru pulang menunaikan ibadah haji mempertanyakaan uang pengembalian biaya pembuatan paspor. Sebelumnya dijanjikan uang penggantian biaya paspor akan dikembalikan di embarkasi.

 

Calon jemaah haji sebelum berangkat membuat paspor dengan biaya sendiri,”Seharusnya untuk biaya paspor sudah termasuk dalam ongkos naik haji (ONH-red). Oleh karena itu, dijanjikan oleh urusan haji setempat akan dikembalikan di embarkasi seusai pulang dari tanah suci,” kata salah seorang jemaah haji yang baru pulang berhaji.

 

Sayangnya, hingga kini uang pengembalian atau penggantian biaya paspor masih belum dikembalikan,”Sedangkan dari daerah lain sudah menerima pengembaliannya,” ujarnya.

 

Pembuatan paspor menghabiskan biaya rata-rata sekitar Rp. 350.000. Sedangkan jumlah jema’ah haji Kabupaten Cianjur tahun 2019 ini, sebanyak  1. 392 orang.

 

Kepala Seksi Urusan Haji dan Umroh pada Kemenag Kabupaten Cianjur, H. Tapiv Supriyadi, belum berhasil dihubungi untuk dikonfirmasi terkait persoalan ini. Whats App-nya  pun tidak aktif. (Man Suparman)

About dwidjo -

Check Also

Kemenhub Jadikan Genose Sebagai Alat Uji Resmi Covid-19

Semarang,Koranpelita.com Usulan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo kepada pemerintah pusat agar menggunakan alat pendeteksi Covid-19 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *