Wagub AAL Pimpin Upacara Peringatan HUT Ke-74 TNI AL

Surabaya,  Koranpelita

Wakil Gubernur Akademi Angkatan Laut (Wagub AAL) Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E. bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) memimpin Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 TNI Angkatan Laut tahun 2019 di lapangan Banda, Akademi Angkatan Laut, Bumimoro, Surabaya, Selasa (10/9).

Pada upacara peringatan HUT ke-74 TNI Angkatan Laut tahun 2019 tersebut, Wagub AAL membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. dihadapan peserta upacara.

Dalam sambutan tertulis, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. mengatakan, selama 74 tahun TNI Angkatan Laut telah menunjukkan jati dirinya sebagai komponen pertahanan negara tangguh ditengah perubahan lingkungan strategis yang kian dinamis.

Menurut Kasal, ancaman tradisional dan non-tradisional pada lingkungan nasional dan regional menuntut perhatian terus-menerus serta tindakan mitigasi yang tepat.

“Selama ini pula, TNI Angkatan Laut telah secara aktif terlibat dalam menjamin kepentingan maritim Indonesia, terutama pada pelaksanaan tugas sesuai amanat Undang-Undang,” ungkapnya.

Selain itu, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. menyampaikan bahwa selaras dengan visi pemerintah lima tahun kedepan, area yang menjadi fokus utama untuk TNI Angkatan Laut tahun ini adalah peningkatan pembangunan sumber daya manusia.

“Karena tingginya tingkat profesionalisme dan komitmen yang ditunjukkan oleh prajurit dan PNS TNI Angkatan Laut dengan jelas merupakan bekal pokok di jalur kemajuan bangsa Indonesia,” katanya.

Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. mengungkapkan bahwa kekuatan pertahanan sebuah negara terukur dalam komponen konseptual, fisik dan moral dengan faktor sumber daya manusia sebagai tulang punggungnya.

“Dengan demikian, keunggulan SDM TNI Angkatan Laut merupakan tuntutan yang sudah tidak dapat ditawar-tawar lagi. Kita semua berkeinginan agar TNI Angkatan Laut diawaki oleh prajurit yang terlatih, terdidik, dilengkapi secara baik dan dijamin kesejahteraannya sesuai dengan jati diri prajurit TNI sebagai Tentara Profesional,” paparnya.

Kebijakan pembangunan TNI Angkatan Laut kedepan, lanjut Kasal, selain untuk mencapai kesiapan operasional, juga diarahkan pada peningkatan profesionalisme personel. “Untuk itu, lembaga pendidikan dan lembaga pelatihan dilingkungan Angkatan Laut harus mampu membangun karakter prajurit yang mampu menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan tantangan tugas serta memiliki kejuangan yang tinggi, sehingga mampu menghadapi perubahan dan persaingan dunia yang semakin ketat dan membutuhkan kualitas SDM yang tepat juga.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Lantamal V Ikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual

Surabaya,  Koranpelita.com Jajaran Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V Surabaya, ikuti upacara Peringatan Hari Kesaktian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *