Pemilu Kepala Daerah dan Rakyat

Palangka Raya, Koranpelita.com.

Tokoh Pemuda Kalimantan Tengah, H Heru Hidayat Rabu ( 4/9 ) di Palangka Raya menyampaikan bahwa akan ada dua Pemilihan Kepala Daerah pada tahun 2020 di Kalimantan Tengah yaitu pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah dan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur.

Menurut Heru, momentum pemilihan Kepala Daerah, harus menjadi sarana untuk membangun demokrasi dan perbaikan masyarakat di daerah. Artinya proses demokrasi harus berlangsung jujur, tertib, aman, dan adil, serta menjadi bagian dari pendidikan politik bagi masyarakat. Sehingga persaingan yang ada dalam setiap pemilukada tetap saling menjaga dan menjadi perekat sesama anak bangsa dalam membangun daerah. Sedangkan makna perbaikan menurut Heru yaitu adanya visi, misi dan program para calon kepala daerah yang harus disampaikan kepada rakyat dan mampu direalisasikan sebagai upaya perbaikan pada semua sektor kehidupan.

Saat ini, calon kepala daerah dituntut untuk bisa memberikan berbagai alternatif solusi terhadap permasalahan di masyarakat. Sehingga keterpilihannya nanti akan memberikan manfaat perubahan di masyarakat untuk menjadi lebih baik. Terutama kemudahan usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat serta peluang terobosan agar masyarakat mampu meningkatkan pendapatan mereka ujar Heru.

Selain itu, pemilukada harus lebih baik dari sebelumnya, baik tingkat partisipasi pemilih, netralitas penyelenggara, kecepatan informasi hasil dari setiap tahapan perhitungan pemilukada dan keamanan daerah ujar Heru.

Menurut Heru, semua tokoh dan simpul masyarakat senantiasa dilibatkan dalam upaya mempererat dan mengoptimalkan perannya dalam menjaga keamanan, kebersamaan dan kesuksesan pelaksanaan pemilukada.

Begitu pula peran penting lainnya adalah media masa beserta rekan-rekan wartawan turut memberikan informasi yang turut mengedukasi masyarakat di Kalimantan Tengah ujar mantan Anggota DPRD Kalteng ini.

Heru mengapresiasi semua pihak yang memiliki kepedulian dan turut terlibat aktif untuk mensukseskan pemilukada di Kalimantan Tengah terlaksana dengan baik, aman, dan memenuhi asas jujur dan adil sehingga yang paling di untungkan adalah seluruh masyarakat Kalimantan Tengah.

Harapan Heru, Pemilukada tidak menjadikan pilu rakyat, namun semakin menambah optimis bahwa akan ada perubahan perbaikan bagi rakyat Kalimantan Tengah dengan pemilukada dan menghadirkan para calon kepala daerah yang berkualitas serta dekat dengan rakyat. ( Sutransyah).

About dwidjo -

Check Also

Genjot Ekspor, Jateng Akan Maksimalkan Produk Herbal

Semarang,Koranpelita.com Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan terus bergerak meningkatkan ekspor kendati pandemi belum usai. Tahun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *