Danone-AQUA, Terapkan Bisnis Berkelanjutan

Danone-AQUA, Terapkan Bisnis Berkelanjutan

Jakarta,Koranpelita.com

Danone-AQUA, pelopor bisnis Air Minum Dalam Kemasan, yang telah beroperasi selama 45 tahun, telah menerima sertifikasi B-Corp, yang mengakui praktik terbaik dan ketaatan dengan standar tertinggi terhadap kinerja sosial dan lingkungan, transparansi dan akuntabilitas.

Tidak heran, Danone – AQUA menjadi perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) pertama di Indonesia yang memperoleh sertifikasi B Corp pada Februari 2018.

Menurut Karyanto, sertifikasi B Corp diberikan kepada perusahaan yang selama proses audit mampu membuktikan bahwa bisnis prosesnya mulai dari rantai pasok, sistem operasional hingga produk atau service yang dilempar ke pasar bisa memberikan dampak positif dan nilai tambah bagi masyarakat dan lingkungan.

“Adapun kelima aspek yang menjadi perhatian dalam sertifikasi B Corp adalah tata kelola, karyawan, lingkungan komunitas dan konsumen,” ungkapnya di Jakarta, kemarin.

Saat ini, ada sebanyak 2.933 perusahaan 150 Industri dari 64 negara telah tersertifikasi B Corp. Setiap bulan rata-rata terdapat 27 perusahaan mendapat sertifikasi B corp. Perusahaan B Corp kemudian membentuk gerakan global untuk menciptakan perubahan sistem sosial dan lingkungan serta mendukung tumbuhnya ekonomi inklusif yang berkelanjutan. Di Indonesia, B Corp mulai dikenal sejak 2018. Sejak Itu, B Corp menjadi inspirasi sejumlah perusahaan di Indonesia.

Berbagai manfaat akan menjadi nilai tambah bagi perusahaan bersertifikasi B Corp, diantaranya B Corp mendorong perusahaan menjalankan bisnis dengan memperhatikan dampak positif terhadap terhadap sosial dan lingkungan.

Karyanto menambahkan, perusahaan yang tersertifikasi B Corp juga harus memastikan tata kelola perusahaannya memberikan dampak yang baik untuk Internal, misalnya dengan memastikan terpenuhinya manfaat kepada karyawan secara finansial maupun non finansial.

Perusahaan B Corp juga menjadi bagian tak terpisahkan dalam konteks Sustainable Development Goals (SGDs) yang meliputi tiga dimensi pembangunan berkelanjutan, yaitu lingkungan sosial, dan ekonomi.

“Sertifikasi B Corp telah mendorong Danone-AQUA melakukan perubahan yang juga berkontribusi pada pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan,” ujarnya.

Di samping terus memberikan akses air bersih kepada lebih darl 165.000 penerima manfaat, DanoneAQUA juga mendorong terbentuknya ekonomi lnklusif dengan memberdayakan perempuan melalui mikro distribusi AQUA Home Services.”Saat Ini ada 7300 lebih Ibu rumah tangga menjadi mitra AHS yang Juga merupakan penyumbang pendapatan keluarga,” paparnya.

Sementara itu, Amalia Adininggar Widyasanti, Staf Ahli Menteri Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan BAPPENAS mengatakan B Corporation sebagai langkah bersama untuk mencapai target SDG’s.

“Sustainability sudah menjadi gaya hidup terutama dikalangan millennial. Oleh karena itu, contoh-contoh baik seperti B Corporation ini harus segera digalakkan bersama. Saya yakin, belum banyak perusahaan yang sadar akan pentingnya pembangunan berkelanjutan. Diharapkan, sertifikasi B Corp ini harus mencadi concern bersama dimana perusahaan turut membangun sistem kebaikan, baik di dalam perusahaan maupun bagi konsumen,” jelasnya. (Vin)

About ervin nur astuti

Check Also

Ngopi Gratis KAI Selama Dua Hari, Upaya Tingkatkan Ekonomi Petani Lokal

Semarang,korampelita.com – Program KAI menggelar minum kopi gratis di stasiun Tawang Semarang Bank Jateng selama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.