Aktifitas Utama Jamaah Haji di Tanah Suci

Madinah, Koranpelita.com

Pengendali Teknis Bina Ibadah, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Oman Faturrahman menjelaskan  ada tiga aktifitas utama jamaah haji di tanah suci.

“Yang pertama itu aktifitas ibadah, yang kedua aktifitas ziarah yang ketiga aktifitas rihlah, rihlah itu perjalanan,” ujar Oman, Kamis 18 Juli 2019.

Menurut Oman, aktifitas ibadah jemaah haji di tanah suci ada ibadah yang wajib dan yang sunah.

“Di madinah, ibadah wajib yang terkait haji itu hanya satu, yaitu miqat di Bir Ali,” imbuhnya.

Oman yang baru saja usai melakukan visitasi ke sejumlah sektor di Madinah ini menegaskan bahwa pentingnya miqat di Bir Ali menjadi perhatian khusus para pembimbing dan konsultan ibadah.

 

“Itulah mengapa para konsultan memagari betul, membimbing, memberikan konsultasi, visitasi, dan edukasi ke jemaah, supaya yang wajib itu yang di Bir Ali (miqat) jangan sampai terlewat,” ujarnya.

Oman juga menyampaikan hasil visitasi ke sektor, memasuki hari ke-12 ia menilai konsultasi ibadah yang diberikan oleh konsultan dan juga pembimbing ibadah, telah berjalan dengan baik dan lancar.

“Dan untuk salat Arbain, bahkan ada daftarnya sudah berapa kali, jadi InsyaAllah yang ibadah, ziarah dan rihlah semuanya terpenuhi, terfasilitasi oleh PPIH,” imbuhnya.

Kepada para konsultan ibadah, Oman berpesan agar dapat berkomunikasi dengan para pimpinan, ketua rombongan termasuk dengan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH).

“Ibadah haji itu semacam laboratorium untuk menguji bisa tidak kita beragama dalam situasi yang sangat kompleks, beragam, multikultural,” pungkasnya. (djo/mch)

About dwidjo -

Check Also

Dewan Pakar Nasdem Rampungkan Enam Sesi Bahas UU Cipta Kerja

Jakarta, Koranpelita.com Riset dan inovasi merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan dari kemajuan suatu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *