Pangkoarmada III Resmikan Tiga Jabatan Strategis Koarmada III

Sorong,  Koranpelita. Com

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M., meresmikan dan mengukuhkan tiga jabatan strategis Koarmada III dalam suatu upacara militer yang sangat khidmat walaupun diguyur hujar deras di lapangan upacara Mako Koarmada III Jl. Bubara No. 1 Kel. Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat, Jumat (28/6).

Ketiga jabatan strategis tersebut adalah Komandan Satuan Marinir (Dansatmar) Koarmada III Kolonel Marinir Freddy Jhon H. Pardosi, S.E., S.H., Komandan Polisi Militer (Dandenpom) Koarmada III Letkol Laut (PM) Boy Herman Dharmo Kumara, S.H., dan Komandan Satuan Pasukan Katak (Dansatkopaska) Koarmada III Letkol Laut (E) Joko Andriyanto, S.T., M.Tr., Hanla.

Upacara peresmian dan pengukuhan ketigan jabatan komandan satuan tersebut ditandai dengan penyerahan tongkat komando dan Dhuaja serta pengucapan Pakta Integritas.

Pangkoarmada III menegaskan bahwa peresmian dan pengukuhan jabatan Dansatmar Koormada III, Danpom Koarmada III dan Dansatkopaska Koarmada III merupakan implementasi perwujudan program kerja Pemimpin TNI dan TNI AL dalam memenuhi satuan atau satker yang merupakan bagian dalam struktur organisasi jajaran Koarmada III.

Jabatan yang baru saja diresmikan, merupakan jabatan Komando Pelaksana Pembinaan di lingkungan Koarmada III.
Menurut Pangkoarmada III lebih lanjut bahwa selaku pelaksana pembinaan, Satmar Koarmada III memiliki tugas pokok, yaitu meningkatkan kesiapsiagaan tempur unsur Marinir, yang di BKO (Bawah Kendali Operasi)-kan sebagai komponen Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) dalam rangka mendukung tugas pokok koarmada III.

Untuk Pomal Koarmada III memiliki tugas pokok yaitu menyelenggarakan penegakan hukum, penyidikan, pengamanan fisik, ketertiban dan disiplin personel, materiil khusus, serta mengawasi secara langsung terhadap kegiatan dan Operasi Kepolisian Militer yang dilaksanakan oleh Pomal kewilayahan di lingkungan Koarmada III dan jajaranya.

Sedangkan untuk Satkopaska Koarmada III memiliki tugas pokok yaitu melaksanakan pembinaan kekuatan dan kemampuan tempur Pasukan Katak sesuai tuntutan kualifikasi sebagai komponen SSAT dalam rangka meningkatkan kemampuan tempur Koarmada III.

“Oleh karenanya, setiap unsur dituntut untuk senantiasa meningkatkan pembinaan fungsi satuan dan satker masing-masing, mengingat tantangan tugas ke depan semakin berat dan kompleks seiring pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta berbagai perubahan yang sulit diprediksi,” tegasnya.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Polsek Kebon Jeruk dan Citra Bhayangkara Gunakan Pendekatan Humanis Amankan Unjukrasa di Hari Sumpah Pemuda

Jakarta,  Koranpelita.com Jajaran kepolisian,  dalam hal ini Polsek Kebon Jeruk,  Polres Metro Jakarta Barat  bersama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *