Komandan Kodiklatal Buka Dikspespa dan Diksarcab TNI AL TA 2019

Surabaya,  Koranpelita. Com

Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Dedy Yulianto membuka Pendidikan Spesialisasi Perwira (Dikspespa) dan Pendidikan Dasar Kecabangan (Diksarcab) TNI AL TA 2019 yang digelar di Gedung Moeljadi Kesatrian Bumimoro Kodiklatal.

Hadir dalam pembukaan tersebut para pejabat Utama Kodiklatal diantaranya Wadan Kodiklatal Wadan Kodiklatal Laksma TNI B. Ken Tri Basuki, M.Si., (Han),CHRMP, Dirdiklat Laksma TNI Deny Septiana S.Ip., M.A.P, Dirum Laksma TNI Taat Siswo Sunarto, S.E., M.Si, Dirjianbang Laksma TNI I Wayan Suarjaya, S.Sos, Dirdok Laksma TNI Budi Purwanto, S.T., M.M, Dankodikopsla Laksma Laksma TNI Irwan Achmadi, M.Tr, (Han) serta para Komandan Kodik dan Pusdik dijajaran Kodiklatal.

Pembukaan Dikspespa dan Diksarcab ini diikuti 210 personil yang selanjutnya akan menempuh penndidikan di tiga  Kodik. Ketiga Kodik tersebut antara lain Kodikopsla Dikspespa Navdir, Komunikasi, Artileri, Senjata bawah air dan Hidro Aceanografi. Di Kodikdukum Dikspespa Teknik Teknik, Suplay, Senlek, Kesehatan,Pomal, Hukum, Informatika, Pendidikan dan Dikspespa Staf. Sedangkan di Kodikmar Diksarcab yang diikuti Siswa Korps marinir.

Komandan Kodiklatal Laksda TNI Dedy Yulianto menyampaikan bahwa Pendidikan spesialisasi perwira dan   pendidikan dasar kecabangan marinir, akan dilaksanakan selama 5 sampai dengan 6 bulan.

Adapun tujuan program Dikspespa adalah mendidik dan membekali perwira  siswa  TNI AL menjadi   prajurit   yang   berjiwa   pejuang   sapta  marga, memiliki kesamaptaan dan  profesionalisme  matra  laut  yang  mampu  berpikir,  bersikap  dan  bertindak  sesuai  dengan  tuntutan  tugas  sebagai  kasi,  kasubsi  atau  perwira  divisi  masing-masing  korps  baik  di  KRI maupun  satuan penugasan yang lain.

Sedangkan Diksarcab marinir bertujuan untuk mendidik  perwira  TNI AL  korps  marinir  menjadi  prajurit  pejuang  sapta  marga  yang  profesional  sesuai  kecabangan  masing-masing,  sehingga  dapat  ditugaskan  sebagai  komandan  kompi  dan  staf  batalyon  serta  jabatan  lain  yang  setingkat.

Melalui pendidikan pengembangan ini lanjut Dankodiklatal dilaksanakan  pembekalan dan pemantapan profesi dan integritas pribadi para perwira, agar memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi yang dilandasi wawasan dan cakrawala pandang jauh ke depan sebagai pilar penopang bagi terwujudnya pola pikir,  pola sikap dan pola tindak yang semakin matang di dalam menyongsong penugasan yang akan datang.

Berkaitan  dengan  hal  tersebut,  output  kodiklatal  harus  dapat  memberikan  tampilan  terbaik  bagi  para  pengguna, profesional dan modern serta berkemampuan proyeksi regional dan berkomitmen global.

Oleh karena itu,  di lembaga pendidikan ini para  perwira siswa disiapkan  menjadi   calon-calon  pemimpin  yang  andal  di  masa  depan,  tetapi  keandalan  yang  dibutuhkan  tidak  saja  mencakup  kemampuan  fisik  dan penguasaan teknologi sistem senjata armada terpadu, tetapi sesungguhnya juga membutuhkan prajurit yang berkarakter  dan  memiliki  integritas yang kokoh, semangat pengabdian dan pengorbanan yang tulus  ikhlas  disertai  sikap  pantang  menyerah.   (ay)

About ahmad yani

Check Also

Polsek Penengahan Lamsel Bekuk Dukun Palsu Penggandaan Uang

Penengahan. KoranPelita.com Kasus penipuan penggandaan uang, akhirnya dapat diungkap jajaran Polsek Penengahan, Lampung Selatan (Lamsel). …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *