JalanTrans Kalimantan, Strategis Percepat Pengembangan Wilayah

Palangka Raya , Koranpelita.com.

Jalan trans Kalimantan jalur selatan yang menghubungkan akses jalan darat di Provinsi Kalimantan merupakan sangat strategis bagi pengembangan wilayah dan membuka keterisolasian.

Misalkan masyarakat Kalteng atau sebaliknya ,yang ingin melakukan bepergian ke sejumlah Kabupaten /Kota di provinsi Kalsel , Kaltim dan Kalbar ,dapat dilakukan dengan mudah melewati jalan ini,yang setiap tahun terlihat selalu diperbaiki dan semakin bagus.

Tasripin warga Kota Sampit

Seperti terlihat jembatan layang yang lumayan panjang di Tumbang Nusa di Kalteng , merupakan jalan vital yang menghubungkan akses jalan darat dari dan sebaliknya,ke Kalteng dan ke Kalsel.

Jembatan ini terlihat begitu kukuh terbangun serta merupakan jawaban yang solutif yang permanen.

Sebab sebelumnya, ketika menggunakan jalan darat di bawah jembatan layang ini , jalannya sering putus akibat sering dilanda banjir.

Dulunya, wilayah Kalimantan jalur selatan yang identik ditembus dengan transportasi air yang lebih lama,seperti dari Banjarmasin di Kalsel ke Palangka Raya , kini sekitar dua jam lebih sedikit bisa ditembus dengan jalan darat.

Ketergantungan dengan transportasi jalur sungai itu, semacam nostalgia masyarakatnya seperti menggunakan bis air, speed boat dan kelotok.

Menurut sejumlah sopir, baik itu sopir taksi travel maupun pengangkut barang ,dari Sampit di Kalteng ke Pontianak, Kalbar melewati jalan darat juga dilakukan warga setiap hari dengan beragam keperluannya.

Begitu pula dengan terbangun dan tembusnya jalan darat dari sejumlah Kabupaten di DAS Barito di Kalteng ke Palangka Raya ,sangat memberikan kemudahan bagi warga Kalteng untuk bepergian di wilayah ini, tanpa harus menggunakan jalur transportasi sungai atau jalan darat melalui sejumlah Kabupaten/ Kota di Kalsel.

Sehingga transportasi sungai yang sebelumnya menggunakan angkutan sungai baik itu bis air, kapal barang dan speed boat kian tergerus , dan Pelabuhan Rambang di Palangka Raya yang dulunya sangat ramai kini mati suri,dan disulap menjadi kawasan wisata kuliner.

Strategisnya pengembangan dan pembangunan jalan darat trans Kalimantan jalur selatan yang menghubungkan sejumlah provinsi di Kalimantan ini, merupakan kewajiban yang menerima amanah rakyat untuk menbuat program pembangunan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah.

Karena, itulah keinginan dan aspirasi rakyat terhadap penerima mandat rakyat yang berada di kekuasaan eksekutif dan legislatif.

Menarik status warga Sampit bernama Tasripin dalam akun pacebooknya sebagai perenungan seperti berikut ini.

Terpenting bagi calon pemimpin adalah kesanggupan menjadi rakyat. Barangsiapa sanggup menjadi rakyat yang baik, itulah pemimpin yang baik. Maksudnya, Sikap mental seorang pemimpin haruslah sikap mental kerakyatan. ( Ruslan AG ).

About dwidjo -

Check Also

Bupati  Musi Rawas Berikan Alat Bantu Peningkatan Produksi UMKM

Musi Rawas, Koranpelita.com Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan (H2G) didampingi Ketua TP PKK Mura …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *