Gunung Sinabung Semburkan Vulkanik Capai 7.000 Meter

Karo, Koranpelita.com

Gunung Sinabung terletak Karo, Sumatera Utara kini berstatus Siaga (Level lll), Minggu (9/6/2019) dan menyemburkan material vulkanik saat erupsi dengan tinggi kolom abu mencapai 7.000 meter di atas puncak (9.460 m di atas permukaan laut).

Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung pada, Minggu (9/6/2019) menyebutkan, Kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal condong ke arah selatan.

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi 9 menit 17 detik. Terjadi awan panas ke arah tenggara 3,5 km dan selatan 3 km serta terdengar suara gemuruh sampai ke pos pengamatan gunungapi sinabung. Saat ini Gunung Sinabung berada pada Status Level III (Siaga) dengan rekomendasi.

Untuk itu masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara. (Sumber PVBMG/esa)

About djo

Check Also

Wapres Resmikan Rumah Sakit Mata Achmad Wardi

Jakarta, Koranpelita.com Rumah Sakit Mata Achmad Wardi yang dilengkapi dengan fasilitas Retina dan Glaukoma Center  …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *