SAMBUT- Danlantamal III Jakarta Laksma TNI Denih Hendrata, S.E., M.M.,  menyambut Komandan Kapal perang  Vietnam LE QUY DON-286 Kapten Senior Cao Xuan Long, di dermaga (JICT) II Tanjung Priok Jakarta Utara, Rabu (1/5).(penlantamal III)

Lantamal III Jakarta Sambut Kedatangan Kapal Perang Vietnam dan Kapal Perang Amerika

Jakarta, Koranpelita.com

 Komandan Lantamal III Jakarta Laksamana  Pertama TNI Denih Hendrata, S.E., M.M.,  menerima kunjungan dua kapal perang  dari negara Vietnam LE QUY DON-286 dengan komandan kapal Kapten Senior Cao Xuan Long dan Kapal Perang negara Amerika Serikat USS BLUE RIDGE (LCC-19) dengan komandan Kapal Captain Eric J. Anduze, di dermaga  Jakarta International Container Tread (JICT) II Tanjung Priok Jakarta Utara, Rabu (1/5).

Kedatangan kedua kapal ini di sambut dengan tarian marpangir dari Sumatera Utara dan tarian gending sriwijaya dari daerah Sumatera Selatan, dimana kedatangnya ke Indonesia selain mempererat persahabatan juga berencana akan melaksanakan kunjungan kerja dan olah raga bersama.

Danlantamal III Jakarta Laksma TNI Denih Hendrata, S.E., M.M.,  mengatakan bahwa kunjungan kapal perang ini bukanlah yang pertama  menerima kunjungan persahabatan kapal perang vietnam dan kapal perang Amerika Serikat.

“Dengan semangat persahabatan, marilah kita saling mengenal dan mendekatkan diri, sehingga kunjungan ini dapat memberikan pengalaman dan kenangan bagi kita”.tandasnya.

Kapal Perang Vietnam  LE QUY DON-286  merupakan kapal layar latih untuk para kadet AAL Vietnam, jenis Bargentin Tiga Tiang yang di bangun di Marine Project Ltd. Gdansk, Polandia dengan panjang 67 m, Lebar 10 me, Draft 4 m, tinggi; 41,8 m dan bobot 950 ton yang memiliki kecepatan maks 12 knot serta awak 66 abk ditambah 58 kadet.

Danlantamal III Jakarta menyambut kedatangan Komandan Kapal USS Blue Ridge (LCC-19).

Sedangkan Kapal perang Amerika serikat  USS BLUE Ridge (LCC-19) merupakan kapal komando dibuat di Philadelphia Naval Shipyard yang berpangkalan di Yosuka, Jepang dengan dimensi panjang 193,2 m, lebar 32,9 m, draft 8,8 m dan bobot 19.609 ton yang memiliki kecepatan maks 23 knots serta awak 268 perwira 1.173 Ba-Ta, dan persenjataan yang modern.

Kedatangan kapal perang Amerika Serikat ini dalam rangka peringatan 70 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Amerika Serikat. Hal tersebut diungkapkan oleh Panglima Armada ke-7 Vice Admiral (VADM) Philip G. Sawyer, yang hadir saat USS Blue Ridge tiba di Jakarta.

“Indonesia dan Amerika Serikat telah memiliki hubungan diplomasi dan bersahabat sejak lama. Angkatan laut kedua negara sering melaksanakan latihan bersama, seperti  Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) yang digelar oleh TNI AL, maupun pada latihan The Rim of the Pacific Exercise (Rimpac) yang diselenggarakan oleh US Navy“, ungkap Panglima Armada ke-7 Amerika ini.

Sebelumnya, Philip G. Sawyer telah melaksanakan pertemuan dengan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., di Mabesal Cilangkap, pada Selasa kemarin.

USS Blue Ridge (LCC-19) yang dikomandani Captain Eric J. Anduze, merupakan kapal perang jenis/tipe Blue Ridge Mountains. Sebuah Kapal Amfibi Pengendali dan Komando (An Amphibious Command and Control). LCC-19 memiliki panjang 193,2 meter, lebar 32.9 meter, draft 8.8 meter serta berat kapal 19,609 ton.

Kapal ini Mampu melaju dengan kecepatan 23 knots dan seringkali membawa dua buah helikopter jenis Sikorsky Sh-60 Seahawk.  Kapal tersebut saat ini berpangkalan di Yokosuka, Jepang.  USS USS Blue Ridge rencananya akan berada di Indonesia hingga tanggal 5 Mei 2019 mendatang.

Selama berada di Indonesia USS Blue Ridge akan melaksankaan berbagai kegiatan bersama dengan personel TNI AL antara lain, navy to information exchange, medical exchange sekaligus mengunjungi Rumah Sakit TNI AL dr. Mintohardjo Jakarta, cybersecurity afloat exchange, friendly sport match dan ship tour, hingga menggelar open ship bagi masyarakat umum.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan foto bersama dan wawancara Komandan Lantamal III, Komandan kapal USS BLUE Ridge (LCC-19) dengan para wartawan media cetak, elektronik dan online.(ay)

 

About ahmad yani

Check Also

PASIS DIKREG SESKOAL ANGKATAN KE-58 SAMPAIKAN SUMMARY EXECUTIVE PADA FS II DAN KKDN MELALUI VIDEO CONFERENCE

Jakarta,  Koranpelita.com Perwira Siswa (Pasis) Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-58 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *