BUMD Siap Membangun Ekonomi Daerah yang Berkelanjutan

BUMD Siap Membangun Ekonomi Daerah yang Berkelanjutan

Jakarta,Koranpelita.com

Ajang penghargaan TOP BUMD 2019 (Badan Usaha Milik Daerah) kembali diberikan oleh Majalah Top Business bersama Asia Business Research Center serta beberapa lembaga Tim Penilai, bertempat di Golden Ballroom – The Sultan Hotel Jakarta, Senin, 29 April 2019. Kegiatan TOP BUMD, diselenggarakan secara berkesinambungan setiap tahun.

Acara penganugerahan TOP BUMD, dihadiri oleh 750 peserta, termasuk Kepala Daerah dan TOP Manajemen BUMD seluruh Indonesia dengan tema yang diangkat, BUMD Membangun Ekonomi Daerah Yang Berkelanjutan. Tahun ini, penilaian dan proses seleksi pemenang digelar secara ketat dan rinci, sejak Januari hingga awal April 2019.

M. Lutfi Handayani, Ketua Penyelenggara TOP BUMD 2019 memaparkan, bahwa peserta TOP BUMD 2019 disaring dari 1.149 BUMD di seluruh Indonesia. Kemudian diseleksi menjadi 200 BUMD Finalis. Dari Finalis tersebut, sebanyak 162 BUMD Finalis yang mengikuti proses penilaian lanjutan secara lengkap. “Jumlah Peserta ini, meningkat 10% dibanding tahun lalu dimana sebanyak 130 BUMD Finalis yang mengikuti proses penilaian secara lengkap,” ujarnya.

Di sini, sejumlah lembaga penilai dan konsultan yang ikut sebagai penilai ada beberapa. Antara lain Asia Business Research Center; Sinergi Daya Prima; PPM Manajemen; Harvard Business Review – Intellectual Business Community; Melani K. Harriman Associates; dan lain-lain.

Banyak manfaat Setiap peserta yang mengikuti penjurian, mendapatkan feedback/ nilai tambah berupa masukan dan saran saran dari Dewan Juri auntuk perbaikan pengelolaan usaha dimasa yang akan datang.

Melihat besarnya manfaat yang dapat diperoleh bagi BUMD dan Pemerintahan Daerah, maka sangat disayangkan jika ada BUMD yang tidak mengikuti kegiatan TOP BUMD, karena melalui kegiatan ini, setiap BUMD berkesempatan untuk mendapatkan feedback, masukan, dan saran dari Dewan Juri,” sambung Lutfi.

Banyak proses pembelajaran didalamnya. Oleh karenanya, diharapkan agar para Kepala Daerah, dapat mendorong seluruh BUMD di daerahnya, untuk dapat mengikuti kegiatan TOP BUMD di tahun-tahun mendatang.

“Melalui kegiatan TOP BUMD ini, diharapkan akan semakin banyak bermunculan BUMD-BUMD Hebat, yakni BUMD yang terus melakukan perbaikan dalam pengelolaan usahanya, sehingga dapat lebih berkontribusi dalam pembangunan perekonomian yang berkelanjutan di daerah maupun di tingkat nasional,” harapnya.

Ketua Dewan Juri Top BUMD 2019, Prof. Dr. Laode M. Kamaluddin, MSc. MEng., menjelaskan,  bahwa kriteria TOP BUMD of the Year 2019 (Best of the Best). Yang menang dalam ketegori ini adalah BUMD yang memiliki (1) kinerja terbaik dan (2) yang relevan dengan tema TOP BUMD, yakni, BUMD Membangun Ekonomi Daerah Yang Berkelanjutan.

”Jadi, kalau hanya berkinerja terbaik saja tetap tidak dapat menjadi BUMD of the year, namun BUMD tersebut harus relevan dengan tema TOP BUMD 2019”, tegas Laode. (Vin)

About ervin nur astuti

Check Also

Sertifikasi Usaha Pariwisata Menjamin Mutu Layanan Usaha Pariwisata

Jakarta,Koranpelita.com Sektor pariwisata sebagai salah satu prioritas pemerintah dalam program pemulihan ekonomi nasional juga menjadi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *