Sertijab- Serah terima jabatan dan pengukuhan jabatan yang ditandai dengan penyerahan Tongkat Komando dan Dhuaja yang merupakan simbol dari proses estafet kepemimpinan.(penarmada I)

Sertijab Dansatkat, Penyerahan Jabatan Danden Intel dan Pengukuhan Dansatmar Koarmada I

Jakarta, Koranpelita.com

Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., pimpin Upacara Serah Terima Jabatan Komandan Satuan Kapal Cepat (Dansatkat) dari Kolonel Laut (P) Sirilius Arif Susbintoro kepada Kolonel Laut (P) Robert Hasudungan Marpaung, Penyerahan Jabatan Komandan Detasemen Intel (Danden Intel) Letkol Laut (P) Ari Aryono, S.E., kepada Pangkoarmada I dan Pengukuhan Komandan Satuan Marinir (Dansatmar) Koarmada I Kolonel Marinir Agustiawarman, S.H., bertempat di Lapangan Mako Satkopaska Koarmada I Pondok Dayung, Jakarta Utara, pekan lalu.

Pangkoarmada I menyampaikan bahwa serah terima jabatan salah satu dinamika organisasi, merupakan wujud kepercayaan dari Pemimpin TNI Angkatan Laut yang diberikan kepada perwira terpilih dan juga merupakan proses regenerasi, serta bertujuan untuk memantapkan kualitas kepemimpinan, mengembangkan kemampuan manjerial, memperluas wawasan, dan memperkaya pengalaman bagi perwira, sehingga diharapkan mampu mengemban setiap tugas yang dibebankan kepadanya secara profesional demi kemajuan organisasi.

Serah terima jabatan dan pengukuhan jabatan ini ditandai dengan penyerahan Tongkat Komando dan Dhuaja yang merupakan simbol dari proses estafet kepemimpinan.

Wilayah kerja Koarmada I yang strategis, dengan dilalui jalur pelayaran internasional menjadi tantangan bagi Koarmada I. Positif Control yang ditunjukkan KRI dalam beroperasi di perairan rawan kejahatan, khususnya di Selat Malaka dan Selat Singapura berdampak pada stabilitas keamanan kawasan saat ini. Security dan Prosperity merupakan bagian yang tak terpisahkan.

“Tingkat kepercayaan dunia terhadap Indonesia saat ini seiring dengan situasi keamanan perairan yurisdiksi nasional yang diharapkan semakin kondusif. Hal ini berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dalam menunjang pembangunan nasional khususnya di bidang maritim,” katanya.

Oleh karena itu, peran Satkat Koarmada I sebagai salah satu komando pelaksana perlu terus ditingkatkan agar kekuatan dan kemampuan tempur unsur-unsur organiknya tetap terjaga guna mendukung tugas pokok Koarmada I dalam rangka menjaga kedaulatan dan menegakkan hukum di laut yurisdiksi nasional wilayah barat NKRI.

Denintel Koarmada I sebagai pelaksana fungsi intelijen tingkat kotama juga memiliki peran intelijen yang sangat penting dalam menyelenggarakan kegiatan maupun operasi intelijen untuk menghasilkan bahan keterangan atau informasi yang akurat guna membantu Pangkoarmada I dalam pengambilan keputusan atau kebijakan.

Sedangkan Satuan Marinir Koarmada I adalah organisasi baru, sebagai unsur pelaksana dibawah Pangkoarmada I yang bertugas mengkoordinasikan, menyiapkan kekuatan, kemampuan dan kesiapsiagaan tempur unsur Marinir sebagai komponen Sistem Senjata Armada Terpadau (SSAT) dalam rangka mendukung tugas Koarmada I.

Untuk itu, apa yang menjadi tugas Koarmada I dalam melaksanakan tugas pokok TNI Angkatan Laut harus bisa dipertahankan dan ditingkatkan melalui operasi dan latihan yang digelar dengan tepat. Apa yang menjadi harapan pemimpin dalam menjaga stabilitas keamanan nasional maupun regional khususnya di perairan wilayah barat Indonesia, dan dengan dilandasi profesionalisme prajurit tujuan tersebut akan tercapai.(ay)

 

About ahmad yani

Check Also

Pedagang Pasar Pondok Bambu di Ingatkan Babinsa Agar Gunakan Masker

Jakarta, Koranpelita.com Peran Babinsa Koramil 08 Duren sawit pada Giat PSBB masa transisi dalam memberikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *