Komisaris Utama Berkarya Makmur Sejahtera, Hutomo Mandala Putra atau akrab disapa Tommy Soeharto, di sela sela acara Grand Opening GORO Super Grosir Cibubur, Minggu (7/4/20).
Komisaris Utama Berkarya Makmur Sejahtera, Hutomo Mandala Putra atau akrab disapa Tommy Soeharto, di sela sela acara Grand Opening GORO Super Grosir Cibubur, Minggu (7/4/20).

Goro Gandeng UKM Berdayakan Ekonomi Masyarakat

Cibubur, Koranpelita.com
PT Berkarya Makmur Sejahtera berusaha membantu petani memasarkan produknya langsung ke konsumen dengan menghadirkan toko grosir Goro. Cara ini akan membuat petani menikmati harga lebih baik, dan konsumen tidak terbebani harga tinggi.

“Selama ini mata rantai yang panjang tidak hanya merugikan konsumen, tapi juga membuat petani tidak pernah makmur,” kata Komisaris Utama Berkarya Makmur Sejahtera, Hutomo Mandala Putra atau akrab disapa Tommy Soeharto, di sela sela acara Grand Opening GORO Super Grosir Cibubur,  Minggu (7/4/20).

Goro Cibubur yang terletak di Jalan Alternatif Cibubur KM. 5, Nagrak, Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat berada di bawah naungan PT Berkarya Makmur Sejahtera yang mengusung pemberdayaan tata ekonomi berlandaskan “Gotong Royong” (GoRo) dan berkeadilan.

Tommy Soeharto menyampaikan, ke depannya perusahaan akan membuka minimal satu gerai Goro di satu kabupaten. Gerai Goro di Cibubur ini merupakan gerai kedua setelah sebelumnya membuka di Bandung.

Goro retail di Cibubur ini juga menjadi gerai yang pertama melayani pembelian grosir. “Harapannya nanti setiap kabupaten ada satu toko, kemudian dari UKM tersebut akan menyediakan gerobak untuk menyalurkan ke setiap kelurahan,” ujarnya.

Dalam kehadirannya, Goro memang menggandeng Usaha Kecil Menengah (UKM) sekitar sebagai bentuk pemberdayaan ekonomi masyarakat. Goro retail ini melibatkan petani, peternak di level ekonomi mikro untuk memasok setiap gerai.

Selain di Bandung dan Cibubur, Tommy mengatakan wilayah Jawa Timur sudah ada sekitar 100 UKM yang bergabung dan sudah mulai berjualan sehingga siap untuk membuka gerai baru. Begitu juga untuk wilayah Jawa Barat yang sudah memiliki banyak peminat dari UKM untuk bergabung.

Selanjutnya, dalam transaksi jual beli Goro juga akan melayani pembelian secara online dan memaksimalkan penggunaan teknologi. “Ini salah satu yang membuat kita lebih baik,” ujarnya.

Terakhir, harga yang terjangkau menjadi salah satu kelebihannya, lantaran dipasok langsung oleh UKM. Sayang, ia belum dapat menyampaikan nilai investasi untuk bisnis ini. Ia mengharapkan ke depannya perusahaan bisa menjadi perusahaan publik. “Yang penting hasilnya juga untuk masyarakat,” ujar Tommy.

“Dengan dilakukannya Grand Opening ini kami sangat bangga karena dengan demikian kami secara riil berkontribusi melalui pengembangan usaha melalui ‘ekosistem GoRo’ yang merupakan contoh dari pemberdayaan ekonomi UMKM yang dikerjakan secara gotong royong. Bentuk nyatanya berupa retail bahan pokok atau gerai UMKM yang melibatkan pemasok seperti petani dan peternak dan pedagang kecil di level ekonomi mikro, “sambung Milasari Kusumo Anggraini, Direktur Utama PT Berkarya Makmur Sejahtera.
Sampai hari ini lanjut Milasari, Goro sudah ada di lima tempat Cibubur, Surabaya, Wonosobo, Bandung, Papua dan memiliki total 69 warung yang di sebut e-warung Goro di daerah daerah Jawa Barat,  Jawa Timur, Jawa Tengah dan Karawang, Serta menggandeng delapan mitra Koperasi. Lebih dari 50 komunitas dan lebih dari 100 UKM bergabung dengan Goro. (vin)

 

About ervin nur astuti

Check Also

Teknologi Ride-Hailing Memberi Peluang Positif Bagi Masyarakat Kembangkan Usaha

Jakarta,Kabarno.com Perkembangan teknologi digital terbukti memberi peluang positif bagi masyarakat dalam memberikan kemudahan menjalani kehidupan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *