UNBK Gunakan Komputer Sumbangan

UNBK SMAN 4 Manfaatkan Komputer Sumbangan Alumni, Komisi IV Perjuangakan Anggaran

Banjarmasin, Koranpelita.com

Demi kelancaran pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tahun ini, SMAN 4 Banjarmasin, masih memanfaatkan kumputer sumbangan alumninya sebanyak 20 unit.

Karenanya, ujian akhir yang dibagi tiga sesi dapat berjalan lancar. ” Tahun ini kita siapkan 80 unit komputer, 60 punya sekolah, 20 lagi sumbangan alumni,” ujar Sekretaris pelaksana UNBK SMAN 4, Cahaya Kencana, saat dikunjungi Komisi IV DPRD Kalsel, ke sekolah yang berlokasi di Teluk Tiram Banjarmasin, Senin (1/4) siang.

Menurut dia, jumlah peserta ujian sebanyak 239 murid, terbagi 138 jurusan IPA dan 101 orang IPS.

Adapun materi ujian pada hari pertama ini adalah bahasa Indonesia, dengan sesi pertama dimulai Pukul 7.30 hingga 9.30 Wita.

Untuk sesi kedua, mulai Pukul 10.00 s/d 12.00 Wita dan sesi ketiga Pukul 14.00 hingga 16.00 Wita.

Berdasarkan pantauan sore itu, proses UNBK di sekolah tersebut pun berjalan lancar tanpa ada hambatan.

Rampung disitu, rombongan yang dipandu Wakil Ketua Komisi IV, Zulkarnaen Iskandar serta HM Lutfi Saifuddin dan Zulva Asma Vikra, bergerak menuju SMKN 5 di Jalan Sultan Adam kota setampat.

Kedatangan komisi membidangi kesehatan dan pendidkan itu sedikit mengejutkan para guru disana karena kehadiran yang tiba-tiba.

Sekretaris pelaksana UNBK SMAN 5, Sairi, mengaku ujian tiga sesi disekolanya berjalan lancar, karena sekolah menyiapkan 94 unit komputer milik sekolah sendiri. Adapun jumlah siswa peserta sebanyak 280 murid terdiri 142 orang jurusan IPA dan 138 IPS.

” Untuk UNBK hari ini berjalan lancar dan tidak ada hambatan baik jaringan, internet maupun listrik,” kata Sairi.

Namun begitu, kedepan sekolah ingin UNBK tahun depan dapat dilaksanakan dua sesi, dengan catatan harus ada penambahan komputer.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, Zulkarnaen Iskandar, mengakui idealnya pelaksanaan UNBK hanya dilaksanakan dua sesi. Sehingga siswa tidak terlalu dibebani seperti waktu sore yang seharusnya sudah dapat digunakam untuk beristirahat, tetapi harus menjalani ujian sore hari. Sehingga di khawatirkan mengganggu konsentrasi dan berpengaruh pada nilai hasil ujian.
Sekretaris Komisi IV, HM Lutfi Saifuddin, menyatakan akan memperjuangkan segenap kepentingan khususnya pendidikan termasuk kecukupan sarana komputer. Sehingga tahun depan UNBK dapat dilaksanakan minimal dua sesi.

Menurut politisi Gerindra ini, pemerintah daerah melalui dinas pendidikan sudah seharusnya serius untuk kemajuan sektor pendidikan, termasuk kecukupan sarana dan prasarana UNBK.

Karenanya lanjut dia, komisinya akan memperjuangkan tambahan anggaran.
” Kedepan kita akan perjuangkan agar sarana komputer ini bisa dicukupi oleh dinas pendidikan,” tegasnya. (pik)

About dwidjo -

Check Also

Enam Nama Bersaing Di Muswil II KBB Kalteng

Palangka Raya, Koranpelita.com. Musyawarah wilayah (Muswil) II Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Provinsi Kalteng, Rabu (28/10) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *