Ilham Bintang bersama isteri
Ilham Bintang bersama isteri

Catatan Ilham Bintang: Perjalanan Umroh

ALHAMDULILLAH. Pesawat Garuda GA 980 mendarat tepat waktu pukul 17.45 di King Abdul Azis Airport, Jeddah, Saudi. Terima kasih atas pelayanan tim Albilad yang luar biasa menangani penjemputan di bandara.

Terima kasih sahabat FB yang turut mendoakan. Terima kasih khusus buat sahabat saya, Ustadz Jamal Albilad, pimpinan Albilad yang mengatur ini.

Suasanan menjelang salat Subuh di pelataran Masjidil Haram, Jumat (29/3). Satu jam sebelum salat, semua pintu masuk di lantai satu mesjid sudah ditutup.Daya tampung sudah mencukupi. Yang mau salat di mesjid dipersilahkan naik ke lantai dua. Di pelataran mesjid ribuan jamaah sudah mengatur saf-saf. Dari segala penjuru jamaah masih terus mengalir.

Sebagian jamaah biasanya tidak akan meninggalkan mesjid sebelum salat Jumat, takut tidak kebagian.

Suasana tawaf dan sai juga demikian, penuh sesak jamaah.

Mekkah sekarang memang tidak hanya ramai pada musim haji. Pembatasan jumlah jamaah haji membuat umrah menjadi alternatif. Tapi jumlah juga belakangan mulai dibatasi. Bagi yang umrah setiap tahun dikenakan pembayaran visa sekitar 2000 RS atau 8 juta rupiah. Namun, itu juga tidak berdaya membendung minat berumrah. Jamaah Umrah Indonesia saja jumlahnya mencapai 1,2 juta tahun lalu. (Penulis Wartawan Senior dan Pimpinan Cek&Ricek Grup)

About djo

Check Also

Dewan Pakar Nasdem Rampungkan Enam Sesi Bahas UU Cipta Kerja

Jakarta, Koranpelita.com Riset dan inovasi merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan dari kemajuan suatu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *