PENATARAN KATPUANTER- Kas Koarmada I Laksma TNI T.S.N.B. Hutabarat, M.MS. membuka acara Penataran Peningkatan Kemampuan Teritorial (Katpuanter) Tersebar TA. 2019, di Gedung Nanggala Mako Koarmada I, Jakarta Pusat, Selasa (12/3).penarmada I

Penataran Katpuanter Tersebar TA. 2019 di Mako Koarmada I

Kepala Staf Koarmada I Laksamana Pertama TNI T.S.N.B. Hutabarat, M.MS. secara resmi membuka acara Penataran Peningkatan Kemampuan Teritorial (Katpuanter) Tersebar TA. 2019 bertempat di Gedung Nanggala Mako Koarmada I, Jakarta Pusat, Selasa (12/3).

Jakarta, Koranpelita.com-Acara Penataran Peningkatan Kemampuan Teritorial Tersebar TA. 2019 mengangkat tema “Melalui Kuatpuanter Apkowil dan Apnonkowil TNI Tersebar TA. 2019, Kita Tingkatkan Profesionalisme Insan Teritorial TNI”. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan Aparatur Teritorial TNI agar dapat melaksanakan pembinaan teritorial dengan optimal serta untuk menyamakan persepsi tentang pokok-pokok kebijakan Panglima TNI di Bidang Teritorial.

Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Staf  Koarmada I menyampaikan bahwa TNI AL sebagai bagian integral TNI adalah alat negara yang dalam menjalankan tugas pokoknya yaitu menegakkan kedaulatan negara, menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Salah satu tugas TNI dimasa damai yaitu melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Dalam rangka OMSP, TNI tidak akan terlepas dan akan selalu dipengaruhi oleh faktor kondisi teritorial yang meliputi aspek geografi, demografi dan kondisi sosial dimanapun tugas tersebut dilaksanakan.

“Diharapkan teritorial TNI sebagai salah satu fungsi organik pembinaan yang melaksanakan kegiatan untuk mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data teritorial diseluruh wilayah Negara Republik Indonesia”, ujar Pangkoarmada I.

Sementara itu, Aster Panglima TNI Mayor Jenderal TNI George  E. Supit dalam sambutannya yang diwakili oleh Paban II Puanter Ster TNI Kolonel Tek Imam Kuncoro, S.E., MDS., menyampaikan bahwa program kegiatan Katpuanter Tersebar TA. 2019 di Satkowil TNI dalam hal ini dilaksanakan di Koarmada I sampai dengan Kaormada III dan Koopsau I sampai dengan Koopsau III melibatkan unsur Satkowil baik TNI AD, TNI AL maupun TNI AU.

Dengan terbitnya Perpang TNI Nomor 34 Tahun 2016 tanggal 13 September 2016 tentang organisasi dan tugas Staf Potensi Maritim (Potmar)  telah menambah cakupan pembinaan teritorial semakin luas, sehingga perlu diawaki oleh insan teritorial potmar yang mumpuni. Hal ini sangat relevan dengan 10 kebijakan Panglima TNI bidang teritorial yang salah satunya adalah melanjutkan pembangunan kekuatan dan pembinaan kekuatan Satkowil dengan memperkuat organisasi Spotmar, Spotdirga dan jajarannya.

Oleh karena itu program Katpuanter Tersebar yang diselenggarakan Koarmada I ini merupakan upaya Ster TNI untuk meningkatkan kemampuan teritorial Apkowil dan Apnonkowil Potmar yang lebih profesional, dihadapkan dengan dinamika perkembangan lingkungan strategis yang dinamis.(ay)

About dwidjo -

Check Also

Pembangunan Infrastruktur Tingkatkan Produktivitas Pertanian

Brebes,Koranpelita.com Ada yang unik usai pembuatan jalan hasil TMMD Reguler 109 Brebes sepanjang 2,2 kilometer, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *