ORASI ILMIAH- Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio, MM. menyampaikan  Orasi Ilmiah Dies Natalis STTAL Ke-53 TA.2019, di Gedung. Pulau Nipa. Kampus STTAL Jl.Bumimoro-Morokrembangan Surabaya.Senin (11/3).ist

Laksamana TNI (Purn) Prof Dr Marsetio MM orasi Ilmiah Dies Natalis STTAL Ke-53

Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio, MM. Menyampaikan  Orasi Ilmiah Dies Natalis STTAL Ke-53 TA.2019, dengan tema “Peran Teknologi Dalam Mengembalikan Kejayaan Maritim Indonesia”,  di Gedung. Pulau Nipa. Kampus STTAL Jl.Bumimoro-Morokrembangan Surabaya.Senin (11/3).

Surabaya, Koranpelita.com-Kedatangan mantan Kasal Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio, MM. di Kampus STTAL tersebut disambut Komandan STTAL Laksamana Pertama Ir. Avando Bastari, M. Phil beserta pejabat STTAL.

Dalam orasi ilmiahnya, Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio, MM  berharap Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) menjadi pelopor dan tulangpunggung kedepan dalam membangun teknologi baik TNI AL maupun TNI melalui inovasi-inovasi baru dengan dilandasi bagaimana pemahaman bangsa indonesia dalam kemajuan teknologi dan bagaimana ke depan pemimpin di negara ini yang mengerti tentang karakter bangsa Indonesia sebagai bangsa maritim yang besar dan enguasai teknologi keangkatanlautan dan kemaritiman di era revolusi industri 4.0.

Menurutnya, sejak 5 tahun silam Pemerintah RI mendeklarasikan konsep pembangunan yang difokuskan pada Lima Pilar yakni Poros Maritim Dunia yang meliputi Membangun budaya maritim, menjaga sumber daya laut dan menciptakan kedaulatan pangan laut, pembangunan infrastruktur dan koneksitas maritim, diplomasi maritim serta membangun kekuatan pertahanan maritim dalam menjaga kedaulatan dan keamanan maritim.

“Kesuksesan dalam mewujudkan Lima Pilar Poros Maritim Dunia, sebagai cita-cita bangsa Indonesia, salah satunya kualitas sumberdaya manusia (SDM) yang memiliki dan menguasai keunggulan teknologi keangkatanlautan dan kemaritiman, yang sangat di butuhkan dalam mengembalikan kejayaan maritim bangsa Indonesia,” tegasnya.

Ditambahkannya, dari masa kemasa teknologi kemaritiman semakin berkembang dengan pesatnya dan berpengaruh  di Era Rovolusi Industri 4.0. “Untuk itu, setiap Sumberdaya manusia (SDM) TNI/TNI AL, harus dipersiapkan agar mampu menguasai, mengelola, dan mengembangkan sistem teknologi kemaritiman,” ujarnya.

Untuk itu, Laksamana (purn) Marsetio mengajak Civitas Akademika STTAL, agar lebih dekat kepada teknologi dalam konteks untuk  mendukung kemajuan bangsa dalam  pembangunan program TNI AL/TNI  untuk menjadi TNI yang besar dan di segani dunia.

Pada akhir acara pemberian buku tentang karya ilmiah dari Laksamana TNI (Purn) Prof  Dr. Marsetio, MM. Kepada Komandan STTAL, selanjutnya di teruskan penyerahan sertifikat  oleh Komandan STTAL kepada Laksamana TNI (Purn) Prof.Dr Marsetio, MM. dan foto bersama Civitas Akademika STTAL.(ay)

 

About dwidjo -

Check Also

Bhabinkamtibmas Bersama CB 10.3 Kebon Jeruk Turut  Serta Operasi Yustisi Tibmas Tiga Pilar

Jakarta,  Koranpelita.com Bhabinkamtibmas Kebon Jeruk bersama Pokdar Kamtibmas Citra Bhayangkara Sub Sektor 10.3 turut serta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *