SOSIALISASI- Plt. Kasubdit Potensi Keamanan dan Keselamatan Laut Kolonel Bakamla Eli Susiyanti, S.H., M.H., M.M.menyerahkan life jacket kepada para nelayan.bakamla

Wakil Bupati Belu Dukung Bakamla Ajak Masyarakat Berbuat Benar di Laut

Wakil Bupati Belu J.T. Ose Luan mengajak masyarakat tepian negeri di Belu untuk mengambil manfaat dari kegiatan pembentukan Potensi Keamanan Maritim (Poksimar) dan Ceramah Maritim oleh Bakamla, serta menjadikannya motivasi untuk berbuat hal yang benar di laut.

 

Attambua, Koranpelita.com- Ajakan itu diserukannya saat  memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan secara resmi di Balai Desa Dualaus, Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Rabu (27/2).

Pertemuan dengan masyarakat tepian negeri di Belu digelar Bakamla dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat pesisir dan perbatasan dalam menjaga keamanan dan keselamatan laut, dengan melibatkan BNN Belu dan Asosiasi Sistem Komunikasi Kabel Laut Seluruh Indonesia (Askalsi).

Kegiatan yang dibuka oleh Direktur Kerja Sama Bakamla yang diwakili oleh Plt. Kasubdit Potensi Keamanan dan Keselamatan Laut Kolonel Bakamla Eli Susiyanti, S.H., M.H., M.M. tersebut menghadirkan dua orang narasumber yaitu Kepala BNN Belu Ferdinandus Bone Lau, S.IP. yang mensosialisasikan tentang “Partisipasi Masyarakat Pesisir dan Perbatasan dalam Upaya Pencegahan Penyelundupan Narkoba Melalui Jalur Laut” dan dari Askalsi menghadirkan Ketua Bidang Hubungan Antar Instansi Eki Pratama, membahas tentang Sistem Komunikasi kabel bawah laut.

Menurut Ferdinandus, hari ini merupakan jalan untuk mempertemukan BNN dengan Bakamla di Belu untuk menyelamatkan laut. Dilaut itu sangat rawan, ujarnya. Jalur perdagangan narkoba paling rawan 70 persen melewati jalur laut. Dan tercatat 30 orang setiap hari meninggal karena narkoba atau 11.071 jiwa per tahun, lanjutnya.

“Faktor penyebab narkoba berjaya di laut, diantaranya, bisa jadi bapak-bapak nelayan dimanfaatkan sebagai kurir tanpa bapak sadari. Di Belu ini yang paling rawan adalah menjadi kurir,” ungkapnya.

Mskipun ditengah teriknya matahari Atambua, namun rangkaian acara berlangsung dengan lancar dan semangat. Acara diwarnai pula dengan penyerahan life jacket secara simbolis oleh Wakil Bupati Belu, Plt. Kasubdit P2K2L Bakamla dan Ketua Bidang Hubungan Antar Instansi Askalsi, yang pada kesempatan tersebut juga memberikan dukungan 65 life jacket kepada para nelayan.

Pada akhir acara, Kolonel Bakamla Eli memimpin jalannya simulasi pelaporan tindak kegiatan ilegal dilaut yang dilakukan oleh 3 orang perwakilan nelayan dengan menggunakan media Call Center Bakamla 1500500. Turut mendukung fasilitasi kegiatan yaitu Kepala Desa Dualaus Oktobiyalis Nape.(ay)

About dwidjo -

Check Also

RUMKITAL dr. OEPOMO TERUS BERIKAN PELAYANAN KESEHATAN PADA MASYARAKAT

Surabaya,  Koranpelita.com Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (Rumkital) dr. Oepomo, terus melaksanakan pelayanan kesehatan kepada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *