Muspika Cibitung Bersihkan Kali Dari Sampah dan Cegah DBD

***Dalam Rangka Hari Peduli Sampah Nasional

Bekasi, KHP – Muspika Kecamatan Cibitung bersama komponen masyarakat RW 15 dan 16 Desa Wanajaya bersihkan sampah yang berada disaluran irigasi yang menghambat lajunya air dari hulu yang melintasi pemukiman warga menuju kali Cibitung Bekasi Laut (CBL).

Tampak hadir dalam kegiatan, Camat Cibitung H. Hasan Basri, Kapolsek Kompol Hendrik Situmorang, Danramil 05/Cibitung Kapten Inf Farikhi, Kades Wanajaya Nurdin Halid bersama-sama turun langsung dibantu warga RW 15 dan 16 Perumahan Pesona Gading 1, Desa Wanajaya, Cibitung, yang sebelumnya melakukan apel persiapan giat pembersihan sampah itu.

Camat Cibitung, H. Hasan Basri menyampaikan, Kegiatan ini dilakukan bukan semata-mata memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), tetapi upaya memperlancar air kali irigasi agar tidak berdampak banjir dan pencegahan bersarangnya nyamuk yang dapat mengakibatkan terjangkitnya wabah demam berdarah dengue (DBD), sehingga dampak banjir maupun wabah DBD dapat terantisipasi dengan bersih lingkungan tersebut.

Ratusan : Muspika Cibitung bersama ratusan masyarakat lakukan pembersihan saluran irigasi agar aliran air tidak terhambat oleh sampah. (ane)

“Ini sebagai pencegahan, antisipasi agar tidak terjadi banjir, kita lakukan pembersihan dan pengangkutan sampah yang ada pada saluran pembuang menuju ke Kali CBL agar tidak tersumbat,” kata Camat di lokasi pembersihan kali irigasi, Minggu (24/2/2019).

Selain pembersihan sampah yang dilakukan sekarang, kata Camat, Masyarakat diminta untuk menjaga kebersihan lingkungan, untuk menghindari berbagai serangan penyakit semisal wabah DBD. “Langkah ini kita lakukan, sebagai pencegahan bersarangnya nyamuk Aedes aegypti, sehingga warga akan terhindar dari wabah DBD,” ungkapnya.

Pihaknya pun mengajak seluruh masyarakat agar tidak membuang sampah di sembarang tempat, sebab selain akan menimbulkan pencemaran lingkungan, juga menyebabkan kumuh, bau, maupun akan menjadi sarang nyamuk. “Buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan, jangan biarkan lingkungan kita menjadi kotor, sehingga bakal menimbulkan banyak penyakit dan juga akan berakibat banjir,” pesannya.

Terpisah, Kapolsek Cibitung, Kompol Hedrik Situmorang menyampaikan, pihaknya bersama personil polsek, mitra polri Paguyuban Wonogiri Manunggal Sedya (Pawonmas) serta Kelompok masyarakat (Pokdar Kamtibmas) di wilayah Cibitung ikut berpartisipasi membersihkan sampah di aliran irigasi.

“Kita lakukan giat ini, disamping peringati HPSN, kami kerahkan kurang lebih 800 orang yang terdiri dari anggota Polri, TNI, Pol PP, dan unsur masyarakat (Pawonmas, Pokdar, dan Mitra TNI) serta warga sekitar Pesonagading 1,” kata Hendrik.

Danramil 05/Cibitung Kapten inf Fariki menambahkan, gagasan dalam bentuk kepedulian sosial dengan melakukan pembersihan sampah sangatlah bagus. Oleh karena itu pihaknya sangat mendukung dan meminta agar kegiatan ini dapat berlanjut dan berkembang, sehingga akan menjadikan masyarakat yang bersih dan sehat. “Kita akan terus dukung gerakan peduli lingkungan ini, selain bersih lingkungan maka akan menjadikan masyarakat yang sehat,” ujarnya.

Sementara itu, menurut Kades Wanajaya, Nurdin Kholid, bahwa kegiatan pembersihan sampah ini juga untuk ajang silaturahmi. giat ini diharapkan dilakukan rutin setiap dua bulan sekali sedangkan untuk lokasinya meminta diatur dan disesuaikan.

“Kami harapkan pembersihan ini dapat dilakukan secara rutin, dan dilakukan dibeberapa tempat setiap dua bulan sekali, sehingga lingkungan akan menjadi bersih dan sehat,” imbaunya. (ane)

About dwidjo -

Check Also

Warga Mulai Manfaatkan Jembatan TMMD Angkut Hasil Kebun

Sampit, Koran Pelita.com Setelah selesainya rehab tiga buah jembatan oleh Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *