Malacca Singapore Straits - Electronic Navigational Chart (MSS-ENC) Steering Committee Meeting yang berlangsung di Hotel Prama Sanur Beach, Bali.pushidrosal

Peta Laut Elektronik Selat Malaka dan Selat Singapura Edisi Baru Akan Dipublikasikan

Guna meningkatkan jaminan keselamatan pelayaran bagi kapal-kapal yang melintas di Selat Malaka dan Selat Singapura, pada tahun 2019 ini Peta Laut Elektronik Selat malaka dan Selat Singapura (Malacca Singapore Strait – Electronic Navigational Charts/MSS-ENC) akan dipublikasikan.

 

Bali, Koranpelita.com-Hal tersebut merupakan pokok bahasan dalam Malacca Singapore Straits – Electronic Navigational Chart (MSS-ENC) Steering Committee Meeting yang berlangsung di Hotel Prama Sanur Beach, Bali, Selasa (19/2).  Pertemuan ini diikuti oleh Indonesia, Singapura, Malaysia dan Jepang.

Delegasi Indonesia dipimpin oleh Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H. selaku Chief Hydrographer Indonesia, Malaysia oleh Chief Hydrographer, National Hydrographic Centre, Rear Admiral Hanafiah, Singapura, deputy hydrographer, MPA of Singapore, Mr Jammie chen, serta Jepang dipimpin Director Japan Hydrographic Association, Mr. Shigeru Kato.

Pada  kegiatan MSS-ENC Steering Committee Meeting yang Ke-12  ini,  Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah, dimana  Indonesia menjabat sebagai koordinator dan administrator MSS-ENC menggantikan Singapura. Hal ini sebagai salah satu bentuk penghargaan tidak hanya dari negara – negara di kawasan Selat Malaka dan Singapura, namun juga dunia Internasional atas kemampuan dan dedikasi Indonesia untuk mendukung keselamatan bernavigasi di kawasan Selat Malaka dan Singapura.

Dukungan Indonesia tersebut  berupa data Hidrografi dalam bentuk ENC yang terpercaya dan terintegrasi antar negara pembuat ENC di kawasan Selat Malaka dan Singapura, yang  merupakan salah satu jalur pelayaran terpadat di dunia.

Pada pertemuan kali ini dibahas mengenai rencana pembaruan MSS ENC (ENC Update Workshop) dari data hasil survei hidrografi dan oseanografi bersama yang telah dilaksanakan pada Tahun 2018. Kegiatan pembaruan MSS ENC ini, akan dilaksanakan pada bulan Juni 2019 di Jakarta dimana Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah.

Kegiatan ENC Update workshop ini meliputi quality control/quality assurance data hasil survei hidrografi dan oseanografi serta validasi ENC sesuai dengan standar IHO S-58. Diharapkan pada Tahun 2019 ini MSS ENC Edisi baru akan di publikasikan untuk meningkatkan keselamatan pelayaran di Selat Malaka dan Selat Singapura.(ay)

About dwidjo -

Check Also

Danlanal Yogyakarta Bersama Jajaran Forkompimda DIY Ikuti Virtual Puncak Acara Hari Sumpah Pemuda Ke-92

Yogyakarta,  Koranpelita.com Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Yogyakarta Lantamal V Koarmada II Kolonel Marinir …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *