JAM Intel: Pentingnya Pesta Demokrasi Berjalan Damai Aman

JAM Intel: Pentingnya Pesta Demokrasi Berjalan Damai Aman

Jakarta, KP
Jaksa Agung Muda bidang Intelijen Jan S Maringka mengatakan pentingnya pesta demokrasi baik pada pemilihan legislatif dan pemilihan presiden 2019 berjalan aman dan damai.
“Kita harapkan tahun politik ini dapat berjalan damai dan aman sesuai harapan kita semua,” tuturnya. saat menjadi nara sumber dalam Rapat Koordinasi Nasional Bidang Kewaspadaan Nasional dalam rangka Pemantapan Penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2019 di Hotel Claro Makassar, Selasa(12/2/2019).
Hal itu dikatakan JAM Intel dalam materinya tentang “Kerawanan Pemilu 2019 dalam Perspektif Kejaksaan” yang disampaikan dalam Rakornas yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan ini
Kegiatan diikuti 1.500 peserta terdiri dari unsur Pemerintah Provinsi, Kabupaten, TNI dan Polri bertujuan agar terjalin sinergitas antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan seluruh pemangku kepentingan Pemilu dalam menjalankan tugasnya. Sehingga tercipta iklim demokrasi yang damai serta untuk mengoptimalkan kesiapsiagaan seluruh pemangku kepentingan Pemilu dalam menghadapi Pemilu serentak tahun 2019.
Penyelenggaraan Rakornas ini sendiri dalam rangka persiapan pelaksanaan Pemilu 2019 merupakan implementasi dari Pasal 3 Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, yakni harus memenuhi prinsip mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional, professional, akuntabel, efektif, dan efisien.
Sementara itu Direktur Jenderal
Polpum Kemendagri Soedarmo mengatakan kegiatan Rakornas yang diselenggarakan pihaknya adalah upaya pemerintah untuk memastikan kesiapan stakeholder khususnya di Indonesia Bagian Timur terkait Pemilihan Umum serentak 17 April mendatang.
Soedarmo menyebutkan dari kegiatan Rakornas yang teramat penting adalah menyatukan persepsi dan menampung akumulasi persoalan yang masih ada terkait kesiapan dari pihak penyelenggara yakni KPU, Bawaslu, Pemerintah Daerah dan Aparat TNI-POLRI.
“Pemilu serentak sebagaimana amanat UU harus disukseskan. Pilpres mau tidak mau juga harus dilaksanakan dengan baik. Sehingga pemilu serentak bisa jalan sukses dalam penyelenggaraannya, pengamanan, pemilihnya,” tuturnya.(Didi MJ)

About dwidjo -

Check Also

SMAN 8 Jakarta Bedah Asesmen Kompetisi Minimal

Jakarta, Koranpelita.com Pandemi Covid-19 tak membuat SMAN 8 Jakarta kehilangan semangat, malah sebaliknya beragam inovasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *