DOKTER TNI AL BANTU PERSALINAN DARURAT IBU HAMIL DI KAPAL PENUMPANG MANADO-TAHUNA

Tahuna, koranpelita.com

Pertolongan persalinan darurat berhasil ditangani oleh prajurit TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini oleh Dokter TNI AL yakni Letda Laut (K) dr. Riezqi Bakrie terhadap penumpang KM Mercy Teratai jurusan Manado-Tahuna, Ny. Stella Senggihilang (22), yang juga sedang menggunakan transportasi tersebut, Rabu (24/04).

Peristiwa berawal pada saat KM Mercy Teratai berlayar menuju Tahuna mengumumkan bahwa ada ibu hamil yang membutuhkan pertolongan medis dan mencari dokter atau tenaga medis yang diharapkan bersedia membantu proses persalinan.

Letda Laut (K) dr. Riezqi Bakrie, personel Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tahuna yang kebetulan selesai melaksanakan cuti mencoba memeriksa keadaan ibu hamil tersebut. Dari pemeriksaan medis, keadaan ketuban sudah pecah 10 menit yang lalu dan bukaan rahim sudah lengkap dan kepala bayi sudah teraba di jalan lahir.

Dengan sigap Letnan Riezqi langsung berkoordinasi dengan Kapten kapal dan RS di pulau terdekat untuk melaksanakan evakuasi jika persalinan terdapat kendala. Menggunakan alat seadanya dan di bantu dengan perawat dari tahuna yang kebetulan ada di kapal juga, pertolongan persalinan pun dimulai di kamar penumpang kapal yang cukup sempit.

Proses persalinan darurat tersebut berjalan lancar sehingga berhasil lahir sehat seorang bayi laki laki dengan BB 3,115 kg dan TB 48 cm. Setelah evaluasi persalinan didapatkan perdarahan aktif sedang pada ibu bayi karena robekan di jalan lahir, karena keterbatasan alat pertolongan medis Kapten kapal diarahkan untuk singgah di pulau Siau untuk evakuasi darurat, pasien kemudian di jemput oleh dokter jaga, ambulance RS Siau, dan personel Pos TNI AL yang berada di Pulau Siau di Pelabuhan Penumpang Siau.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan bahwa prajurit TNI Angkatan Laut harus memiliki dedikasi tinggi untuk membantu masyarakat yang sedang mengalami kesulitan.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Bekali Kemampuan Penanggulangan Kebakaran, Dankodikdukum Kodiklatal Buka Suspeknubika Tingkat Perwira

Surabaya, koranpelita.com Guna membekali kemampuan penanggulangan kebakaran dan kebocoran di KRI, Komandan Kodikdukum (Dankodikdukum) Kodiklatal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.

Eksplorasi konten lain dari www.koranpelita.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca